Skip to content

10 Pemanasan Yang Benar untuk Semua Olahraga, Dilakukan untuk Menghindari Cedera

JAKARTA, IGNews.id – Pemanasan yang tepat untuk semua olahraga harus diketahui sebelum melakukan aktivitas fisik apa pun. Ini dilakukan untuk meminimalkan cedera.

Gerakan pemanasan sangat penting dilakukan untuk menghindari kram atau keseleo otot hingga cedera. Kurangnya pemanasan sebelum berolahraga dapat merusak jaringan tubuh dan membuat otot tegang.

Pemanasan juga penting untuk mempersiapkan suhu tubuh, aliran darah, dan detak jantung yang stabil sebelum aktivitas olahraga dilakukan.

Dalam pemanasan untuk semua olahraga, ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan. Pemanasan biasanya dilakukan dengan intensitas ringan dan sedang dalam waktu 5-10 menit.

Berikut adalah 10 pemanasan yang tepat untuk semua olahraga:

1. Memutar Kepala

Gerakan mudah pertama adalah memutar kepala. Pemanasan ini dilakukan dengan menggerakkan leher searah jarum jam dan dalam hitungan 8 detik. Setelah itu, lakukan dengan arah berlawanan dengan hitungan yang sama.

Gerakan-gerakan dasar tersebut berfungsi untuk mengatur detak jantung hingga penyerapan oksigen agar dapat melakukan aktivitas olahraga secara optimal. Selain itu, pemanasan pada bagian kepala ini juga dapat ditambahkan dengan cara mengarahkan kepala ke atas dan menahannya selama beberapa detik. Lalu ke bawah, lalu ke kanan dan ke kiri.

2. Putar Pinggang

Gerakan ini sama seperti saat pemanasan memutar kepala. Pemanasan ini dilakukan dengan cara meregangkan kaki searah dengan bahu, kemudian berputar searah jarum jam selama 8 detik. Setelah itu, lakukan dengan arah berlawanan dengan hitungan yang sama.

Gerakan pemanasan ini berfungsi untuk menjaga kelenturan pinggang saat melakukan berbagai aktivitas olahraga.

3. Putar Kedua Lengan

Pemanasan atau peregangan selanjutnya bisa dilakukan di bagian lengan. Pemanasan ini dapat dilakukan dengan memutar kedua lengan yang digerakkan seperti kincir angin. Lakukan gerakan ini selama 8 detik secara teratur dan berirama.

Jangan melakukannya terlalu keras atau terlalu keras, karena dapat menyebabkan cedera.

Redaktur : Reynaldi Hermawan

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”