Skip to content

2023, Pemkab Bekasi Bangun Rumah Sakit Tipe D di Cibarusah

2023, Pemkab Bekasi Bangun Rumah Sakit Tipe D di Cibarusah

Memuat…

Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membangun Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Foto/Dok SINDOnews

BEKASI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D direncanakan akan dibangun di Kabupaten Bekasi pada tahun 2024. Sedangkan prosesnya akan dimulai pada tahun 2023.

“Untuk Detailed Engineering Design (DED) tahun 2023. Pembangunan RS Tipe D ini usulan dari Dinas Kesehatan,” kata Pj Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kabupaten Bekasi, Beni Saputra, Rabu (30/3/2022). ). Lihat lainnya: Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkot Tangerang Akan Ubah Puskesmas Jadi Rumah Sakit Tipe D

Pembangunan RSUD tipe D ini memiliki pagu anggaran sebesar Rp. 70 miliar yang dikucurkan dari APBD Kabupaten Bekasi. Kajian rencana pembangunan rumah sakit masih dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Selain rumah sakit, Pemkab Bekasi juga telah menjadwalkan pembangunan lima unit puskesmas baru pada tahun 2023. Total pagu anggaran sebesar Rp. 25 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainarti mengatakan RS tipe D rencananya akan dibangun di Kecamatan Cibarusah. Keberadaan rumah sakit ini nantinya menjangkau masyarakat yang tinggal di wilayah selatan.

“Rencana pembangunan RS tipe D di wilayah selatan untuk masyarakat Kabupaten Bekasi di selatan juga untuk mempermudah akses masyarakat. Rumah sakit ini luasnya 5.000 hingga 10.000 meter persegi,” ujarnya.

Pembangunan rumah sakit dan puskesmas merupakan bagian dari bidang kesehatan yang masuk dalam proyek strategis daerah 2023-2026. Karena keberadaan fasilitas kesehatan yang ada belum menjangkau seluruh masyarakat secara optimal. Lihat lainnya: RS Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi, Persiapkan Kelas Maju

Misalnya Puskesmas. Saat ini, dengan jumlah penduduk sekitar 3 juta jiwa, Kabupaten Bekasi baru memiliki 46 unit puskesmas. “Saat ini ada 46 Puskesmas. Idealnya satu puskesmas melayani 30 ribu penduduk,” ujarnya.

(MS)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”