Skip to content

21 Pencari Suaka di Pekanbaru Dipindahkan ke Jakarta

PEKANBARU, KOMPAS.com – Sebanyak 21 pencari suaka dari luar negeri di Kota Pekanbaru, Riau, akan dialihkan ke Amerika Serikat (AS) melalui Jakarta.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Riau Jahari Sitepu mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang sering menjadi tempat transit pencari suaka dan pengungsi asing.

Pada dasarnya pengungsi (pengungsi) hanya berhenti sementara di negara transit sampai pemukiman kembali dilakukan oleh United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

Baca Juga: 114 Warga Rohingya Ditampung di Kantor Camat Bireuen, Belum Ada Keputusan Kapan Ke Pekanbaru

Namun, warga negara asing juga diberikan pilihan untuk memulangkan atau kembali ke negara asalnya secara sukarela.

Meningkatnya arus masuk pengungsi asing, dan sedikitnya jumlah pengungsi yang berhasil melaksanakan program pemukiman kembali, serta keengganan untuk melakukan repatriasi sukarela telah menyebabkan akumulasi pengungsi di Indonesia.

“Status pengungsi tidak memberikan hak secara otomatis akan mendapatkan pemukiman kembali. Pemukiman kembali sangat terbatas dan hibah negara ketiga biasanya menunggu lama,” kata Jahari dalam keterangan tertulis yang diterimanya Ipadguides.comSelasa (29/3/2022).

Baca juga: Gubernur Riau Minta Sandiaga Uno Buka Pintu Masuk Pekanbaru-Malaysia

Dia mengatakan hari ini pemindahan 21 pencari suaka dan pengungsi asing ke Jakarta.

Setelah itu, mereka akan dikirim ke negara ketiga, yakni Amerika Serikat.

Setelah menunggu rata-rata 8 hingga 9 tahun, 21 pengungsi asing di Pekanbaru akan menjalani perawatan pemukiman kembali ke Amerika Serikat,” kata Jahari.

Dia melanjutkan, proses pemukiman kembali mulai dari wawancara pemukiman kembali dengan UNHCR. Setelah itu, profil pengungsi akan diserahkan ke negara ketiga untuk wawancara.

.