3 Hasil Rapat AHY-Surya Paloh Tentang Pemilu 2024

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di kantor DPP Nasdem di Jakarta, Selasa (29/3/2022) pagi.

Pertemuan tersebut dikatakan membahas penolakan wacana penundaan pemilu, kenaikan harga komoditas jelang Ramadan, serta pandangan terkait pemilu 2024.

Paloh tidak menemani AHY usai pertemuan untuk menemui awak media.

Sebenarnya ada beberapa hal penting terkait hubungan Demokrat dan Nasdem jelang 2024, apa saja itu?

1. Mengakui menjelajahi koalisi

AHY tegas mengakui, penjajakan koalisi sudah dibicarakan dengan Paloh.

Sebelumnya, ia juga menyampaikan kepada Paloh bahwa Ketua DPP Partai Demokrat sekaligus ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga berharap Demokrat dan Nasdem bisa bersinergi.

“Ya tentu kita buka peluang, saling buka peluang. Nasdem buka peluang, Demokrat buka peluang,” kata AHY kepada wartawan usai bertemu dengan Paloh.

“Sangat terbuka. Artinya ini bagian yang terus kita bicarakan dan peluang seperti itu sangat terbuka. Yang penting tidak terburu-buru,” sambungnya.

Baca

juga: Usai Temui AHY, Nasdem: Capres masih terlalu cair untuk dibicarakan

AHY mengatakan, saat ini kedua pihak sedang fokus memperkuat struktur mesin partai masing-masing untuk mengejar target masing-masing.

Meski berbeda, AHY mengakui Nasdem dan Demokrat memiliki banyak kesamaan.

Salah satunya adalah mengumpulkan kekuatan di parlemen untuk menghadapi ambang pencalonan presiden/ambang batas presiden 20 persen.

.