Skip to content

3 Pola Latihan Meningkatkan Stamina Saat Puasa Ramadhan, Nomor 2 Paling Penting

JAKARTA, IGNews.id – Ada beberapa pola olahraga untuk meningkatkan stamina selama puasa Ramadhan. Setiap muslim wajib menyimak dengan seksama agar ibadah puasanya berjalan lancar.

Selama bulan Ramadhan, setiap muslim dilarang makan dan minum dari terbit fajar hingga adzan magrib. Tentu hal ini membuat tubuh sebagian orang akan menjadi lemas.

Namun, ada empat cara berolahraga agar tubuh tetap prima saat berpuasa. Apa pun?

Berikut 3 Pola Latihan Meningkatkan Stamina Selama Puasa Ramadhan:

1. Kurangi intensitas olahraga

Selama bulan puasa, Anda tetap bisa melakukan olahraga seperti biasa. Namun, dengan mengurangi porsi olahraga dari biasanya.

Saat berpuasa, tubuh bekerja dengan asupan cadangan energi yang minim dengan kadar gula darah yang rendah.

Setiap orang memiliki batasannya masing-masing untuk menurunkan gula darah tergantung seberapa banyak gula yang disimpan di hati dan seberapa cukup asupan kalori saat sahur.

Oleh karena itu, saat berpuasa, Anda tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, cukup melakukan kebugaran dengan intensitas sedang. Selain itu, Anda bisa menjaga stamina jika rutin berolahraga.

2. Asupan Nutrisi

Selama berolahraga, fisik membutuhkan energi dan kalori ekstra oleh karena itu penting untuk memperhatikan kebutuhan tubuh akan nutrisi yang baik. Anda harus meningkatkan asupan protein, serat, dan karbohidrat. Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan cairan tubuh malam sebelum puasa agar saat berpuasa di siang hari terhindar dari dehidrasi.

Salah satunya Anda bisa mengkonsumsi air kelapa, pisang, beras merah, kentang atau kurma untuk dikonsumsi saat puasa. Meski tergolong ringan, jenis makanan ini cukup mencukupi asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa.

Selain olahraga dan asupan nutrisi, kualitas tidur juga mempengaruhi aktivitas Anda selama berpuasa. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup selama bulan Ramadhan, terutama jika Anda harus melakukan aktivitas selama puasa.

3. Jenis Olahraga

Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa seperti latihan beban dan latihan kardio. Kedua olahraga tersebut memiliki manfaat yang berbeda.

Latihan kardio dapat membantu membakar semua kelebihan kalori yang Anda konsumsi saat berbuka puasa dan sahur sehingga memungkinkan Anda untuk mengurangi lemak tubuh. Sedangkan latihan beban akan membantu memanfaatkan semua asupan protein dan karbohidrat dalam pembentukan otot.

Itulah tiga pola olahraga untuk meningkatkan stamina selama puasa Ramadhan. Semoga beruntung!

Redaktur : Reynaldi Hermawan

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”