30 Kata-Kata Sedih Perpisahan sebagai Luapan Perasaan

Perpisahan merupakan hal yang wajar dialami dalam setiap pertemuan. Menyedihkan memang, tapi jangan biarkan dirimu bersedih berkepanjangan. Lebih baik, luapkan perasaanmu lewat kata-kata sedih perpisahan ini. Ada yang untuk teman, pacar, mantan, sampai dirimu sendiri agar lebih bijak memaknainya.

Selalu ada perpisahan dalam setiap pertemuan. Kalau kamu lagi berduka karena harus terpisah jarak dengan orang-orang yang kamu kasihi, coba baca kata-kata sedih perpisahan yang sudah kami kumpulkan di artikel ini.

Siapa tahu dengan membacanya, beban di hatimu bisa sedikit terangkat karena kamu nggak lagi merasa sendiri. Ada banyak orang-orang di luar sana yang pernah merasakan hal yang sama denganmu.

Kamu pun bisa mengirimkan kutipan ini buat pacar, mantan, sahabat, atau orang-orang yang akan segera pergi dari sisimu. Nggak hanya orang yang ada di posisi ditinggalkan aja lho, yang merasa berat. Terkadang yang meninggalkan pun butuh sesuatu yang bisa dijadikan penguat.

Penasaran bakal kaya apa kata-kata perpisahan yang udah kami kumpulkan? Daripada kelamaan mikir dan mereka keburu angkat kaki, yuk buruan cek selengkapnya di artikel ini!

Kata-Kata Sedih Perpisahan untuk Kekasih

Kata-Kata Sedih Perpisahan - Kahlil Gibran

1. Hanya Lautan yang Terpisah

Lautan hanya memisahkan daratan, bukan hati. Munia Khan

Biasa ketemu tiap hari, tiba-tiba aja pacarmu harus pergi untuk mencari sesuap nasi di perantauan. Pasti berat harus melepasnya saat hari keberangkatannya tiba.

Daripada berurai air mata, yakinkan kalau hubungan kalian akan baik-baik aja. Berikan kata-kata sedih perpisahan ini untuk kekasihmu yang hendak pergi. Nggak masalah raga kalian ada di tempat berbeda, selama kalian saling cinta dan percaya.

2. Jarak yang Menyadarkan

Sering kali cinta tidak menyadari kedalamannya hingga saat perpisahan tiba. Kahlil Gibran

Pernah dengar pepatah yang mengatakan kalau semua hal di dunia ini pasti diciptakan dengan maksud dan tujuan? Begitu pun perpisahan.

Mungkin sebelumnya, kamu nggak menyadari betapa besar rasa sayangmu ke mas/mbak pacar. Begitu ada jarak terbentang, barulah kamu sadar betapa besar arti kehadirannya di sisimu. Ada bagusnya juga kan, kalian jauh-jauhan?

3. Membuatku Semakin Cinta

Aku jatuh cinta padanya saat kami bersama, lalu jatuh cinta lebih dalam lagi saat kami terpisah. Nicholas Sparks, Dear John

Terkadang jarak yang membentang memang mampu memperbesar rasa sayang. Seperti kata-kata sedih perpisahan untuk kekasih yang pergi sebelumnya, mungkin karena kamu baru menyadari besarnya rasa sayangmu padanya.

Kamu pun jadi nggak sabar pengin bertemu lagi sama dia. Sebisa mungkin, nggak ada lagi yang namanya berantem atau debat nggak penting saat ada kesempatan berjumpa. Kebersamaan kalian terlalu singkat untuk dilewatkan dengan hal yang sia-sia.

4. Jarak yang Menguatkan

Kita saling mencintai karena kita bisa kehilangan satu sama lain. Tanpa ancaman perpisahan, tanpa kematian yang bisa mengguncang, kita mungkin tidak akan punya rasa cinta sedalam ini. Donna Lynn Hope

Sama seperti hidup yang kurang seru kalau gitu-gitu aja, cinta pun demikian. Rasa itu mungkin memang tetap ada. Tapi, yakinkah kamu nggak akan bosan kalau selamanya mulus tanpa cobaan?

Perpisahan, kematian, pertengkaran, dan masalah lain justru bisa jadi bumbu penyedap yang bisa menyemarakkan hubungan kalian. Kalau kamu dan pacar bisa melewatinya, bukan tidak mungkin jalinan asmara kalian malah semakin kuat dan berakhir di pelaminan.

5. Selagi Masih Bisa

Mungkin kita mencoba membuat kenangan sebanyak-banyaknya karena kita tahu, suatu hari nanti, kita tidak akan bisa lagi bersama. Makoto Shinkai, 5 Centimeters per Second

Kalau ada yang mengejekmu dan mas/mbak pacar karena piknik melulu, kasih aja kata-kata perpisahan di atas ini. Bilang kalau kalian hanya ingin membuat kenangan manis sebanyak-banyaknya.

Bukan berarti kalian udah berniat pisah dari sekarang. Tapi nggak ada yang tahu jalan hidup ini. Mungkin aja kalian benar-benar akan dipisahkan jarak ke depannya nanti. Jadi mumpung masih bisa menciptakan kenangan, kenapa nggak?

Kata-Kata Perpisahan untuk Mantan

Kata-Kata Sedih Perpisahan - Paulo Coelho

1. Orang Asing yang Sangat Familier

Kita telah menjadi orang asing yang terlalu mengenal satu sama lain. Anonim

Berpisah secara fisik dengan pacar karena kuliah atau pekerjaan memang menyedihkan. Tapi setidaknya, kamu masih bisa kangen-kangenan. Beda cerita kalau hati kalian yang justru sulit disatukan lagi hingga kata putus jadi pilihan.

Jangankan menyapa, ngeliat mantan di jalan pun mungkin membuat hatimu teriris-iris nggak karuan. Mau dikata apa, kalian pun seakan jadi orang asing yang sebenarnya sudah sangat mengenal satu sama lain.

2. Demi Kita Berdua

Hanya karena suatu hubungan berakhir, bukan berarti kita berhenti mencintai satu sama lain. Kita hanya berhenti menyakiti satu sama lain. Anonim

Ada kalanya kata putus terlontar bukan karena kalian tak lagi saling cinta. Tapi karena ada perbedaan yang sulit disatukan dan jika dipaksa, mungkin akan membuat kalian semakin terluka.

Mungkin ada baiknya kamu akhiri hubungan tak sehat seperti ini. Semoga dengan kata-kata sedih perpisahan cinta ini, kekasihmu jadi sadar kalau kalian tak lebih baik bersama.

3. Karena Semuanya Percuma

Beberapa pintu tertutup. Bukan karena harga diri, ketidakmampuan, atau arogansi. Tapi karena pintu itu tak lagi membawa kita ke mana pun. Paulo Coelho

Senada dengan kata-kata perpisahan sebelumnya, terkadang memang ada hubungan yang sebaiknya diakhiri. Tak peduli seberapa keras usahamu mempertahakannya, hasilnya sia-sia.

Sekali dua kali berusaha mungkin tak apa-apa. Tapi kalau pertengkaran terus terjadi, yakinkah kamu bisa terus menjalaninya? Bukankah kalian lebih baik berpisah agar tak lagi saling mencaci maki?

4. Aku Menyesal

Ada masa ketika aku meragukan segalanya. Saat aku menyesali semua yang kau ambil dariku, semua yang kuberikan untukmu, dan semua waktu yang pernah kita habiskan bersama. David Levithan, The Lover’s Dictionary

Selagi rasa cinta masih tersisa, lebih baik akhiri hubungan yang tak bisa dipertahankan lagi. Semakin lama kalian bersama, bukan tak mungkin rasa cinta itu justru berubah menjadi benci.

Hasilnya seperti yang diungkapkan dalam kata-kata sedih perpisahan dari David Levithan ini. Kenangan indah yang pernah kalian ciptakan tak lagi manis saat dikenang, justru berubah jadi penyesalan.

5. Yang Paling Buruk

Aku dulu mengira kalau sendiri adalah hal terburuk di dunia ini. Ternyata aku salah. Hal terburuk di dunia ini adalah bertemu dengan orang-orang yang membuatmu merasa sendiri. Robin Williams

Ingin putus dari pacar yang terlalu cuek? Kamu bisa coba kasih kata-kata perpisahan dari Robin Williams ini. Bisa sekaligus jadi sindiran halus, lho!

Pesannya adalah, ternyata ada hal yang lebih buruk dari sendiri secara fisik di dunia ini. Yakni saat kamu selalu merasa sepi, bahkan saat kamu sedang bersama orang yang seharusnya mengasihimu.

Baca juga: Kata Kata Sayang buat Pacar untuk Terus Menjaga Keharmonisan

Kata-Kata Sedih Perpisahan untuk Sahabat

Kata-Kata Sedih Perpisahan - Ashly Lorenzana

1. Tak Akan Terpisah

Kau tidak bisa memisahkan sesuatu yang terikat erat di hati. Ashly Lorenzana

Sama seperti pacaran, persahabatan juga punya ikatan kuat di hati. Karena itulah, tak perlu terlalu khawatir jika harus terpisah jarak dari sahabatmu. Kamu pun bisa memberikan kata-kata perpisahan ini ke kawanmu untuk meyakinkannya.

Selama kalian memang punya niat untuk menjaga persahabatan itu, semuanya akan baik-baik saja. Kalian akan tetap menjadi sahabat yang merindukan dan menyayangi satu sama lain.

2. Asalkan Kita Berteman

Saat dua orang yang bukan teman berdekatan, tak akan ada pertemuan. Saat ada dua orang yang berteman berjauhan, tak akan ada perpisahan. Simone Weil

Maksud dari kata-kata sedih perpisahan sahabat yang mengharukan ini, kalau kalian pada dasarnya nggak ada kecocokan, mau bertemu ratusan kali dalam sehari pun nggak akan jadi teman.

Sebaliknya, mau hanya bertemu setahun sekali, kalau kalian memang udah klop banget, pasti tetap bisa jadi teman. Kualitas pertemanan kalian nggak ditentukan dari kuantitas pertemuan, melainkan kualitasnya.

3. Selalu di Hati

Kita semua memiliki jalan berbeda dalam hidup ini. Ke mana pun kita pergi, kita akan mengingat satu sama lain. Tim McGraw

Secara fisik kalian mungkin tak lagi bersama. Tapi, ada pengaruh yang telah teman berikan padamu dan membentuk dirimu yang sekarang.

Ke mana pun kamu pergi, dirimu yang sudah mendapat pengaruh dari teman ini akan kamu bawa. Begitu pun kenanganmu bersamanya, akan selalu tertinggal di hati.

4. Hanya Tak Bisa Bersama

Jarak tak akan menghancurkan persahabatan, hanya kegiatan-kegiatan di dalamnya. Aristoteles

Ya, perpisahan ini hanya membuatmu tak bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang dulu sering kalian lakukan bersama. Apa hanya karena itu, kalian jadi tak lagi bisa dikategorikan sebagai sahabat?

Toh, ada banyak kegiatan baru yang bisa kalian lakukan bersama mulai dari sekarang. Mulai dari telepon-teleponan, surat-suratan, reunian, tukar kartu pos, dll. Benar juga kan, kata-kata perpisahan dari Aristoteles ini?

5. Aku Merasa Beruntung

Betapa beruntungnya aku memiliki seseorang yang membuatku sulit mengucapkan selamat tinggal padanya? A.A. Milne, Winnie the Pooh

Kalau dipikir-pikir lagi, kamu memang beruntung karena bisa merasakan kehilangan. Seperti diungkap dalam kata-kata sedih perpisahan dari film kartun anak ini, setidaknya kamu kenal yang namanya merindukan orang terkasih.

Meski terkesan menyedihkan, nggak semua orang beruntung pernah merasakan itu, lho! Soalnya, nggak semua orang berkesempatan punya sahabat sejati seperti dirimu. Jadi, bersyukurlah dan terus jaga persahabatanmu.

Baca juga: Kumpulan Motto Hidup Islami yang Bisa Dijadikan Semboyan

Kata-Kata Perpisahan untuk Teman Sekelas & Sekolah

Kata Kata Perpisahan - Anonim

1. Kami Semua Tahu

Aku tak akan melihat mereka lagi. Aku tahu itu. Mereka juga tahu itu. Dan mengetahui semua ini, kami mengucapkan selamat tinggal. Haruki Murakami

Jika perpisahan ada di depan mata dan sulit menghindarinya, tak ada salahnya untuk mengakhiri semuanya dengan sempurna. Buatlah pesta, abadikan dengan kamera, lalu ucapkan selamat tinggal dengan lapang dada. Kalau perlu, berikan kata-kata perpisahan ini pada mereka yang tak akan bertemu denganmu lagi.

Suatu saat, kalian bisa tersenyum mengingat semua itu. Jauh lebih baik dibandingkan menolak kenyataan, dan akhirnya hanya menyisakan kepahitan.

2. Doaku untukmu

Harapanku untukmu adalah agar hidup ini berjalan sesuai keinginanmu. Impianmu tetap besar, kegelisahanmu selalu kecil, dan kau tak akan mendapatkan beban yang melebihi kemampuanmu. Rascal Flatts

Selain mengucapkan selamat tinggal, kamu juga bisa mendoakan teman-teman sekelas atau satu sekolahan. Salah satu caranya lewat kata-kata sedih perpisahan dari Rascal Flatts ini.

Semoga saja mereka tahu kalau kamu selalu mengharapkan yang terbaik untuk mereka. Dan semoga, semua harapan itu akan terwujud. Tak hanya untuk mereka, tapi juga untuk dirimu sendiri.

3. Selalu Sepenuh Hati

Ke mana pun kau pergi, pergilah dengan segenap hatimu. Confucius

Tak semua orang tahu apa yang ingin dilakukannya saat ini. Kalau teman-teman yang akan berpisah denganmu juga merasakannya, berikan kata-kata perpisahan termanis ini untuk mereka.

Ke mana pun mereka pergi, apa pun yang mereka lakukan, tak masalah selama mereka selalu menjalaninya sepenuh hati. Yakinkan mereka, sekecil apa pun pekerjaan, pasti akan menghasilkan sesuatu jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

4. Jangan Ragu untuk Melangkah Pergi

Dua puluh tahun dari sekarang, kau akan lebih kecewa dengan hal-hal yang tidak sempat kau lakukan dibanding hal-hal yang sudah kau lakukan. Angkat jangkarmu, jauhi pelabuhan yang aman ini, rasakan angin yang bertiup saat kau berlayar. Menjelajahlah, bermimpilah, dan temukanlah. Mark Twain

Seperti kata-kata perpisahan sebelumnya, kamu bisa menggunakan kutipan dari Mark Twain ini untuk menyemangati kawan-kawanmu. Terutama mereka yang masih ragu untuk bergerak maju.

Bahkan jika mereka belum yakin dengan apa yang mereka jalani pun, lebih baik tetap mencobanya daripada ragu dan diam sama sekali. Justru dengan mencoba, mereka bisa memutuskan, apakah ingin melanjutkan atau meninggalkan hal itu.

5. Teruslah Maju

Besok mungkin kau akan selangkah lebih jauh dariku, tapi kau akan selangkah lebih dekat dengan mimpi-mimpimu. Semakin lekas pula kau bisa memanen semua hasil kerja kerasmu. Teruslah maju untuk meraih semua itu. Anonim

Berat memang harus berpisah dengan teman-teman yang selama ini selalu menemani dalam suka dan duka. Akan tetapi, pengorbanan perlu dilakukan jika ingin meraih masa depan.

Nah, kamu dan kawan-kawanmu bisa menjadikan kata-kata perpisahan ini sebagai pemacu. Semoga di pertemuan selanjutnya, kalian sudah berhasil memanen hasil kerja keras kalian dan menjadi sosok yang patut dibanggakan.

Baca juga: Jadikan Kumpulan Motto Hidup Orang Sukses ini Sebagai Awal dari Keberhasilanmu

Kata-Kata Bijak untuk Memaknai Perpisahan

Kata-Kata Perpisahan - Marianne Wiliamson

1. Tak Bisa Lari

Seseorang yang punya hati dan keluarga pasti pernah merasa kehilangan. Tidak ada yang bisa lari darinya. Setiap cerita perpisahan berbeda, tapi kita tahu apa yang muncul dari ucapan selamat tinggal itu, tak mengetahui apakah kita bisa bertemu dengannya lagi, atau mungkin tahu kita akan pernah bisa berjumpa dengannya lagi. Luanne Rice

Menurut kata-kata sedih perpisahan dari Luanne Rice ini, semua orang pasti pernah merasakan yang namanya kehilangan. Baik itu hanya sementara, atau justru kehilangan untuk selama-lamanya.

Tak masalah juga kalau kamu jadi bersedih karenanya. Justru itu bisa jadi pertanda, kalau kamu masih punya hati dan orang-orang tercinta yang layak disebut keluarga.

2. Pelajaran yang Sangat Dalam

Hubungan adalah sesuatu yang abadi. Perpisahan hanyalah babak baru dalam suatu hubungan. Sering kali, melepaskan hubungan yang telah lalu bisa menjadi pelajaran yang sangat dalam, bahkan lebih dalam dari apa yang akan kita dapatkan jika berusaha untuk tetap bersama. Marianne Williamson

Wajar memang jika kamu bersedih dan merasa galau saat ditinggalkan oleh orang tersayang. Akan tetapi, usahakan untuk tidak berlarut-larut terlalu lama di dalamnya.

Yakinlah, ada banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dari sana. Mungkin belajar merelakan, menghargai apa yang kita miliki, hingga bangkit dari keterpurukan.

3. Terima Saja

Semua hal di dunia ini pasti berubah. Entah kondisi, orang-orang, waktu, tempat, dan perasaan. Tak ada solusi yang bisa kita temukan dengan mengeluh. Akan lebih bijak jika kita menerima perpisahan di sekitar kita. Saat hidup ini tak menawarkan pilihan lain, akan lebih baik jika kita terus melangkah ke depan. Purba Chakraborty, The Hidden Letters

Pesan yang terdapat dalam kata-kata sedih perpisahan ini mirip dengan kutipan dari Marianne Williamson sebelumnya. Kalau perpisahan tak bisa dihindari, akan lebih baik jika kita bisa menerimanya dan terus melangkah maju.

Percuma saja mengeluh. Tak akan ada yang berubah. Justru kamu sendiri yang akan rugi jika terus-menerus terpuruk dan menolak kenyataan.

4. Lebih Baik Dibiarkan

Ada banyak hal di dunia ini yang bisa kita perbaiki. Tapi sering kali, hubungan antar manusia dibiarkan begitu saja. Bukan karena tak bisa diperbaiki, karena memang lebih baik begitu adanya. C. JoyBell C.

Di kata-kata perpisahan untuk mantan sebelumnya, sudah dibahas kalau ada beberapa hubungan yang lebih baik diakhiri. Misalnya hubungan antar pasangan yang justru saling menyakiti.

Jangan habiskan waktu untuk memperbaiki hubungan yang seperti ini. Lebih baik ucapkan kata kata perpisahan padanya dan jalinlah hubungan baru yang lebih sehat dan layak diperjuangkan.

5. Pemisah Sekaligus Penghubung

Dua orang tahanan yang selnya bersebelahan saling berkomunikasi dengan mengetuk dinding satu sama lain. Dinding itu memisahkan mereka, tapi juga menjadi alat komunikasi. Sama seperti kita dan Tuhan. Setiap perpisahan adalah hubungan. Simone Weil

Kata-kata perpisahan ini cocok diberikan untuk orang-orang tersayang yang harus berjauhan denganmu. Untuk mengurangi kesedihan, ajak mereka memahami kalau jarak ini mungkin malah bisa mempererat hubungan kalian.

Akan ada lebih banyak kisah yang bisa kalian ceritakan ke satu sama lain. Kalian pun akan saling rindu dan menantikan pertemuan selanjutnya.

Baca juga: Status Bikin Baper yang Akan Mengoyak Hatimu

Kata-Kata Sedih Perpisahan Selama-lamanya

Kata-Kata Perpisahan - Elizabeth Berg

1. Semua Karena Cinta

Ada cinta dalam mempertahankan, ada cinta dalam melepaskan. Elizabeth Berg, The Year of Pleasures

Ada perpisahan sementara, ada juga yang berlangsung selama-lamanya. Untuk yang terakhir ini, orang yang kamu rindukan tak akan hadir lagi di dunia tak peduli sekuat apa pun kamu berdoa.

Meski berat, relakan ia. Mencoba mempertahankannya adalah hal yang sia-sia. Kalau kamu memang mencintainya, jangan biarkan ia khawatir untuk meninggalkanmu. Lebih baik, doakan ia agar bahagia di alam sana.

2. Waktu Akan Menyembuhkan Segalanya

Semuanya akan baik-baik saja. Mungkin tidak hari ini, tapi suatu hari nanti. Anonim

Pernah mendengar kalau waktu akan menyembuhkan segalanya? Meski terkesan klise, peribahasa itu sebenarnya benar. Walaupun kamu merasa hancur saat pertama kali ditinggalkan oleh orang yang kamu sayang, perlahan kamu pasti bisa menerima kenyataan.

Tak masalah jika kamu ingin menangis sekarang. Tak masalah jika kamu masih ingin mengenang keberadaannya. Tapi jangan lupa, kamu juga punya kewajiban untuk membahagiakan dirimu sendiri. Tetaplah kuat meski harus terpisah darinya. Buat ia bangga jika kalian bertemu kembali di akhirat nanti.

3. Tak Masalah Jika Kita Berduka

Duka bukanlah gangguan jiwa, penyakit, atau tanda-tanda kelemahan. Rasa itu adalah kebutuhan spiritual, fisik, dan emosional; sebuah harga yang harus kau bayar untuk cinta. Satu-satunya obat untuk menyembuhkannya adalah dengan merasakannya. Earl Grollman

Ya duka memang bukan penyakit atau gangguan jiwa yang harus dihindari. Rasa itu wajar dirasakan siapa saja.

Oleh karena itu, tak masalah jika kamu menangis saat ditinggalkan oleh orang tercinta untuk selama-lamanya. Seperti kata-kata sedih perpisahan sebelumnya, itu adalah tanda kalau kamu masih punya hati dan keluarga.

4. Harga yang Harus Dibayar

Duka yang kita rasakan saat kehilangan orang yang dicintai adalah harga yang harus kita bayar karena sudah memiliki orang itu dalam hidup kita. Rob Liano

Semakin sayang kamu dengan seseorang yang meninggalkanmu, semakin besar pula rasa kehilangan yang akan kamu rasakan. Begitu besar lubang yang ia tinggalkan hingga kamu tak akan pernah bisa menutupnya dengan sempurna.

Tak perlu menyesal karena harus melewati duka yang teramat dalam ini. Sebaliknya, kamu perlu bersyukur karena pernah memiliki orang seperti itu di dalam hidupmu.

5. Cinta Lebih Kuat

Cinta memang tak bisa mencegah kematian datang. Tapi tak peduli seberapa kuat kematian mencoba memisahkan orang-orang dari cinta, ia tak akan bisa melakukannya. Kematian juga tak bisa mencuri kenangan akan orang-orang yang kita cintai. Pada akhirnya, cinta lebih kuat dari kematian. Anonim

Kamu mungkin tak bisa lagi bertemu dengan orang yang kamu sayang untuk selama-lamanya. Namun, ia akan terus hidup dalam ingatanmu. Bahkan kematian pun tak bisa merenggut kenangan tentangnya dari hidupmu.

Selalu bawa kenangan ini hingga tiba waktumu untuk menyusulnya nanti. Jadikan memori indah dan kata-kata perpisahan ini sebagai penyemangat dirimu dalam menjalani hari.

Baca juga: Kata Kata Keren Banget yang Bisa Membuatmu Selalu Terinspirasi

Perpisahan Bukanlah Akhir Segalanya

Itu dia 30 kata-kata sedih perpisahan yang bisa kamu gunakan untuk meluapkan rasa dukamu. Setelah meluapkannya, sadarilah bahwa perpisahan bukanlah akhir segalanya.

Dunia ini tetap berputar dan hidupmu terus berjalan. Kamu akan bertemu dengan orang-orang lain yang akan mengajakmu melukiskan kisah-kisah baru. Jadi, jangan lupa untuk tersenyum selalu, ya!

TIM DALAM ARTIKEL INI

Penulis
Nurul Aprilianti

Meski memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Pertanian dari Institut Pertanian Bogor, wanita ini tak ragu “nyemplung” di dunia tulis-menulis. Sebelum berkarier sebagai Editor dan Content Writer di Praktis Media, ia pun pernah mengenyam pengalaman di berbagai penjuru dunia maya.

Editor
Khonita Fitri

Seorang penulis dan editor lulusan Universitas Diponegoro jurusan Bahasa Inggris. Passion terbesarnya adalah mempelajari berbagai bahasa asing. Selain bahasa, ambivert yang memiliki prinsip hidup “When there is a will, there’s a way” untuk menikmati “hidangan” yang disuguhkan kehidupan ini juga menyukai musik instrumental, buku, genre thriller, dan misteri.

Create by ipadguides in category of> Motivation