4 Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel Terbaru

Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel terbaru
Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel

Cara memulai bisnis buket bunga flanel atau florist – Bisnis tentu harus mengikuti zaman, termasuk juga pada bisnis buket bunga ini. Dulu, mungkin bentuk bisnis buket bunga kebanyakan hanya ada di pusat kota saja, sedikit yang berada di daerah kecil.

Dengan kemajuan teknologi — internet tentunya — bisnis buket bunga semakin bervariasi, mulai dari bentuk buket bunganya hingga jenis bunga yang dipasang — berkaitan dengan mudahnya mendapatkan bunga dari negara lain di era globalisasi.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memulai bisnis buket bunga flanel yang bagus dan benar. Ayo kita mulai,

Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel

Sebelumnya, kami ingin memberi tahu bahwasannya informasi yang ada di dalam artikel ini kami ambil dari beberapa sumber tepercaya, serta beberapa share tips dari para florist di kanal Youtube.

id="rank-math-faq" class="rank-math-block">

Bagaimana cara memulai usaha buket bunga?

Untuk memulai usaha buket bunga, ada beberapa saran dari kami:
1. Tentukan Target dan Modal Anda
2. Memahami Produk Buket Pesaing
3. Tonjolkan Keunikan Tersendiri
4. Iklankan Bisnis Anda
5. Menentukan Target dan Modal

1. Menentukan Target dan Modal

Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel Terbaru 1.1 (sumber: Freepik.com)
Cara
Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel Terbaru 1.1 (sumber: Freepik.com)

Langkah awal adalah menentukan target toko Anda: siapa yang akan membelinya? Berapa harga jual yang akan dipatok? Serta, jenis buket bunga apa saja yang bisa dibuat?. Menentukan target pembeli bisa dengan meyurvei toko buket bunga lainnya dan kenali pelanggan mereka.

Sedangkan modal akan berpengaruh dengan banyaknya jenis buket bunga yang bisa diproduksi, serta hal lainnya: tempat strategis atau tidak, biaya iklan [lihat poin 4], dan peralatan. Untuk tempat sangat tidak disarankan berada di samping jalan raya langsung, ini karena polusi dan asap dari kendaraan akan mudah masuk ke dalam dan membuat bunga-bunga layu.

Apakah bisnis buket bunga menguntungkan?

Jika Anda konsisten, bisnis buket bunga ini sangat menguntungkan. Masyarakat terutama yang sedang mengadakan acara (pernikahan atau ulang tahun) jelas membutuhkan buket bunga untuk memperindah suasana, dan jumlahnya pun tidaklah sedikit. Oleh karena itu, bisnis buket bunga termasuk bisnis yang menguntungkan dan banyak yang membuatnya.

2. Memahami Produk Buket Bunga

Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel Terbaru 1.2 (sumber: Freepik.com)
Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel Terbaru 1.1 (sumber: Freepik.com)

Agar bisa menyusun kata-kata saat calon pembeli datang, Anda sebaiknya memahami produk yang Anda jual dan juga produk-produk lainnya. Pembeli sering kali menanyakan perbandingan produk Anda dengan produk toko lainnya maupun produk umum.

Semakin bagus kata-kata yang Anda keluarkan, semakin besar calon pembeli melakukan closing. Namun, ingat! Jangan pernah membuat kata-kata yang terlalu manis atau terlalu meninggikan produk sendiri dan merendahkan produk toko lain. Pembeli jelas tidak nyaman jika mendengar kata-kata yang kurang enak atau berlebihan.

3. Buat Suatu Keunikan Tersendiri

Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel Terbaru 1.3 (sumber: Freepik.com)
Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel Terbaru 1.3 (sumber: Freepik.com)

Harga adalah persoalan klasik, kualitas adalah persoalan modern. Jangan hanya bersaing soal harga, Ada juga harus bersaing soal kualitas, baik produk Anda maupun toko dan layanannya. Semakin nyaman pembeli, semakin bagus toko Anda.

Kualitas produk dapat Anda tonjolkan melalui keunikannya, misal, dengan bentuk yang berbeda dari kebanyakan kompetitor, atau bahkan membuat desain produk yang belum ada sama sekali. Keunikan ini akan menjadi ciri khas dan kekuatan Anda untuk bisa menggaet calon pembeli.

4. Sebar Luaskan Bisnis Anda

Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel Terbaru 1.4 (sumber: Freepik.com)
Cara Memulai Bisnis Buket Bunga Flanel Terbaru 1.4 (sumber: Freepik.com)

Hei, ini era modern, bukan era klasik lagi! Buat bisnismu terkenal dan dilihat — bahkan — oleh jutaan calon pembeli. Era modern sekarang ini juga membuat semuanya serba mudah, Anda tinggal mengikuti tutorial memasang iklan online di Youtube, dan tara…, iklan Anda sudah tayang.

Atau jika Anda adalah orang yang tidak bisa melakukan hal itu, Anda masih bisa menyewa seseorang untuk melakukannya hanya lewat media sosial — tak ada pertemuan langsung. Ini juga didukung dengan banyaknya platform beriklan yang memiliki pasarannya sendiri, tinggal Anda yang memilih.

Ada beberapa platform iklan yang kami rekomendasikan untuk bisnis buket bunga Anda:

  • Google Ads (untuk menjangkau bisnis secara global, serta memiliki tingkat closing yang lebih tinggi)
  • Instagram Ads (platform kekinian yang dipenuhi oleh anak muda/milenial, banyak juga calon pasangan nikah di sini)
  • Facebook Ads (hampir sama seperti Instagram, Facebook juga menawarkan anak milenial, tetapi jumlahnya lebih sedikit dan didominasi laki-laki)
  • Pinterest Ads (platform mencari ide satu ini cocok untuk memasang iklan karena banyak pasangan mencari motif/desain buke bunga)


Strategi Pemasaran Buket Bunga Lewat Instagram

Sebagai penambahan — ini juga sering dipertanyakan — kami akan memberikan tips untuk memasarkan buket bunga Anda di Instagram. Anda bisa menyesuaikan beberapa variabel di bawah sesuai dengan kemampuan Anda.

  • Mulai dari membuat akun bisnis
  • Mencari follower alami: dari hasil share di Facebook atau dari Instagram sendiri melalui post
  • Optimasi post: membuat copywriting dan desain yang bagus dan memasang tag yang tepat
  • Konsisten membuat postingan, atur paling tidak 1 minggu 2x postingan, dan;
  • Memasang iklan di Instagram Ads, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan: usia target, jangkauan wilayah, dan minat audiens.

***

Itulah sekilas mengenai cara memulai bisnis buket bunga flanel di tahun 2022 ini, kami berharap artikel di atas bisa berguna untuk Anda. Dan jangan lupa ikuti blog kami,