5 Cara Cerdas Mengelola Keuangan di Tengah Pengeluaran

JAKARTA, IGNews.id – Cara cerdas mengelola keuangan sangat dibutuhkan di tengah pengeluaran yang semakin meningkat.

Berapapun penghasilan yang Anda peroleh, diperlukan cara cerdas mengelola keuangan, mengingat jumlah pengeluaran bisa melebihi pendapatan bulanan Anda.

Berikut 5 cara cerdas mengelola keuangan di tengah pengeluaran besar yang bisa Anda terapkan:

1. Buat Anggaran

Pertama Anda harus membuat anggaran belanja. Tidak peduli berapa gaji Anda, besar atau kecil. Membuat anggaran pengeluaran tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu memutuskan mana yang menjadi prioritas Anda.

Setelah menentukan mana yang Anda anggap lebih prioritas, alokasi kebutuhan Anda akan lebih mudah. Selain itu, Anda juga dapat melihat berapa banyak yang Anda belanjakan setiap bulannya.

2. Bayar Hutang dan Angsuran Tepat Waktu

Bagi Anda yang masih memiliki hutang dan cicilan segera lunas atau lunas tepat waktu. Mengapa ini dilakukan? Karena untuk menghindari besarnya bunga dan denda yang akan Anda bayarkan jika Anda terlambat.

Jika Anda memiliki cicilan kartu kredit, Anda harus membayar penuh. Tidak Anda membayar dengan jumlah pembayaran minimum. Hal ini dilakukan untuk mengurangi perilaku konsumtif Anda.

3.

Gunakan 50/30/20 . Rumus

Senator dari Amerika Serikat Elizabeth Warren mempopulerkan formula 50/30/30. Cara ini digunakan untuk mengelola uang secara lebih detail dan detail.
Gunakan 50 persen dari penghasilan Anda untuk kebutuhan sehari-hari.

Kebutuhan tersebut antara lain membeli makanan, perlengkapan mandi, pakaian, tagihan listrik atau token, gas, tagihan air. Sedangkan 30 persen anggaran bisa Anda gunakan sebagai biaya hiburan seperti minum kopi, nonton film saat liburan bersama anak dan keluarga.

Terakhir ada 20 persen dari pendapatan Anda untuk tabungan dan investasi. Jangan sampai anggaran Anda terbuang percuma.

4.

Mulai hemat

Tanamkan dalam hatimu mulai sekarang, jangan terlalu boros. Mengutamakan perilaku konsumtif. Prioritaskan kebutuhan di atas keinginan. Hidup hemat akan menguntungkan Anda daripada perilaku boros.

5. Alokasikan Dana Darurat

Dana darurat memang terlihat sepele. Namun dana ini akan sangat membantu jika Anda memiliki keadaan darurat. Kondisi ini seperti Anda terkena gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), kecelakaan atau sakit.

Dana ini sangat membantu Anda. Misalnya, jika Anda diberhentikan, Anda dapat mengandalkan dana darurat untuk memulai bisnis atau memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Begitulah cara mengelola keuangan yang tidak menentu, di tengah pengeluaran yang semakin besar. Selama kita mau menerapkannya, maka Anda akan dengan mudah menetapkan anggaran untuk menutupi pengeluaran Anda.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”