Skip to content

6 Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 40-an, Salah satunya boros

JAKARTA, IGNews.id – Ada beberapa kesalahan keuangan yang sering terjadi di usia 40-an. Ketika Anda mencapai usia 40-an, fokus akan beralih ke menciptakan kebebasan finansial.

Oleh karena itu, pada usia empat dekade, Anda diharapkan dapat membuat keputusan keuangan yang baik dan berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan Anda. Sayangnya, itu tidak selalu terjadi seperti yang Anda inginkan.

Setiap kesalahan dalam mengelola keuangan yang dilakukan pada usia 40 tahun umumnya lebih besar, dengan dampak yang lebih lama dibandingkan kesalahan yang dilakukan pada usia yang lebih muda. Ini karena Anda sekarang memiliki lebih banyak kewajiban keuangan untuk dipenuhi, seperti menghidupi keluarga, melunasi pembayaran hipotek, menyiapkan keuangan untuk masa depan atau membuka bisnis.

Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 40-an

Di usia 40-an, lebih sulit untuk pulih dari kesalahan finansial, ditambah lagi mereka dapat memiliki implikasi serius bagi masa pensiun Anda. Oleh karena itu, berikut adalah kesalahan keuangan yang sering terjadi di usia 40-an, yang harus Anda hindari:

1. Banyak Hutang

Karena kebutuhan yang meningkat yang tidak diimbangi dengan pendapatan atau pengelolaan keuangan yang tepat akan membuat Anda bergantung pada hutang. Di usia ini, sebaiknya segera lunasi utang karena sejatinya usia 40-an adalah masa persiapan pensiun.

Jika utang belum lunas saat Anda pensiun, hidup Anda tidak tenang. Pasalnya, Anda sudah tidak produktif lagi, namun tetap memiliki kewajiban untuk melunasi utang.

2. Tidak Mempersiapkan Dana Pensiun

Beberapa orang di usia ini tidak memikirkan dana pensiun. Padahal, di usia 40 tahun, biasanya karir seseorang sedang dalam kondisi terbaiknya, maka dari itu sebaiknya Anda berpikir untuk menyiapkan dana pensiun.

Anda dapat menyisihkan 10 persen dari gaji Anda untuk tabungan pensiun. Dengan memiliki tabungan hari tua, masa pensiun Anda akan lebih bahagia dan tenang karena Anda dapat menghidupi diri sendiri dan keluarga dengan tabungan hari tua.

3. Tidak Punya Dana Darurat

Hal lain yang sering dilakukan di usia 40 tahun adalah tidak memiliki dana darurat. Padahal dana ini sesuai dengan namanya dibutuhkan saat keadaan darurat.

Dengan memiliki dana darurat, Anda tidak akan bingung mencari pinjaman ketika keadaan darurat tiba-tiba menimpa Anda. Dana darurat tidak hanya berupa uang tunai, Anda bisa melakukan tabungan dalam bentuk investasi jangka panjang yang mudah dicairkan saat dibutuhkan segera.

4. Luar biasa

Memasuki usia 40-an biasanya dibarengi dengan gaya hidup yang lebih rumit dan boros karena pada masa inilah kebanyakan orang mencapai puncak karir dengan gaji yang lebih besar.

Dengan pendapatan yang meningkat, kebanyakan orang pada usia ini ingin memiliki rumah baru, berganti mobil, berlibur mewah, dan berbelanja. Namun, Anda harus bisa mengendalikan diri dan jangan sampai pengeluaran Anda terus bertambah tak terkendali.

Jika pengeluaran tidak terkendali, maka uang Anda hanya akan digunakan untuk gaya hidup, bukan untuk melanjutkan hidup.

5. Tidak Memiliki Asuransi Kesehatan

Memasuki usia 40 tahun, biasanya kesehatan dan daya tahan tubuh seseorang mulai menurun. Namun, sebagian orang tidak berpikir untuk memiliki asuransi kesehatan.

Selain menjaga kesehatan karena biaya pengobatan yang mahal, sebaiknya Anda memikirkan memiliki asuransi kesehatan di usia ini. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda dapat menggunakannya saat Anda sakit dan membantu menutupi pengeluaran jika penyakit yang Anda derita membutuhkan dana yang besar.

6. Tidak Diversifikasi Investasi

Meskipun Anda berusia 40-an, Anda mungkin telah melakukan investasi, tetapi ada kesalahan lain, yaitu tidak melakukan diversifikasi investasi. Jika Anda hanya berinvestasi pada satu instrumen tertentu maka kerugian yang mungkin dialami akan besar.

Sementara itu, jika Anda menggunakan strategi diversifikasi saat menginvestasikan uang, Anda secara aktif menghilangkan risiko terlalu mengandalkan satu jenis investasi.

Ini adalah kesalahan keuangan yang sering terjadi di usia 40-an. Mari kita mulai sekarang untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut.

Redaktur : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”