70 Hektar Hutan dan Lahan di Rokan Hulu Terbakar, Api Akhirnya Padam

PEKANBARU, KOMPAS.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Memasuki hari ketiga, api yang menghanguskan 70 hektar hutan dan lahan di kawasan perbukitan itu berhasil dipadamkan pada Selasa (29/3/2022).

Tim gabungan TNI dari Koramil 02/Rambah TNI dan Polsek Rambah Samo serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul memeriksa lokasi dan menyatakan tidak ada lagi api yang berkobar.

“Tadi pagi kami cek di mana api padam. Api padam sendiri, karena daerah itu tanah mineral. Hanya ada sedikit sisa bara api yang membakar tunggul kayu,” kata Babinsa Koramil 02/Rambah, Kodim 0313/KPR , Serka Mendrayani kepada Ipadguides. .com melalui telepon, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan di Rokan Hulu Luas 70 Hektar, Petugas Kewalahan Padamkan Api

Serka mengatakan, dua hari sebelumnya kebakaran hutan dan lahan di kawasan itu belum bisa dipadamkan karena medan yang sulit.

Selain itu, angin kencang membuat api cepat menjalar. Luas hutan dan lahan yang awalnya terbakar 20 hektar, menjadi 70 hektar.

Petugas

pemadam kebakaran hanya bisa memadamkan api menggunakan kayu. Hal ini dikarenakan tidak adanya sumber air di sekitar lokasi kebakaran hutan dan lahan.

“Lokasi kebakaran berada di daerah perbukitan yang terjal, dan sulit untuk dipadamkan. Medan yang kami tempuh menuju lokasi juga sangat sulit. Kami hanya bisa menggunakan sepeda motor,” kata Mendrayani.

Begini kondisi hutan pasca kebakaran di Desa Samo Rambah Barat, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Selasa (29/3/2022).
Dermaga. Koramil 02/Rambah
Begini kondisi hutan pasca kebakaran di Desa Samo Rambah Barat, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Selasa (29/3/2022).

Seperti diberitakan sebelumnya, kawasan hutan dan lahan terbakar di Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Minggu (27/3/2022).

Aparat gabungan dari TNI, Polri, BPBD, aparat desa dan warga sekitar berjuang memadamkan api.

Baca Juga: 20 Hektar Hutan dan Lahan di Rokan Hulu Riau Terbakar, Api Sulit Dipadamkan

.