Skip to content

Ahli Sebut Kebakaran Lapas Tangerang Akibat Kabel Listrik Lama

TANGERANG, KOMPAS.com – Ahli kebakaran Bambang Heru Raharjo menilai, terbakarnya LP Klas I Tangerang Blok C2 pada 8 September 2021 karena usia kabel.

Hal itu terungkap saat Bambang dihadirkan sebagai ahli oleh PN Tangerang di PN Tangerang, Kota Tangerang, Selasa (29/3/2022).

Dalam persidangan, majelis hakim awalnya menanyakan penyebab kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang.

Baca Juga: Saat Lapas Tangerang Terbakar, 4 Partikel Ini Muncul dan Membahayakan Manusia

Bambang mengaku mendapat informasi dari Pusat Laboratorium Forensik (Pulabfor) Polda Metro Jaya bahwa kebakaran di Lapas tersebut disebabkan korsleting listrik. Bambang membenarkan informasi tersebut.

Ia menilai, kebakaran tersebut disebabkan kabel listrik yang tidak mampu menahan aliran bebannya.

“Puslabfor menemukan ada korsleting, itu yang kami periksa. Benar api berasal dari kabel lama, tidak tahan beban, itulah yang memulai gesekan,” kata Bambang saat persidangan.

Kemudian, ia mengatakan bahwa api semakin membesar karena banyak benda yang mudah terbakar di Blok C2 seperti triplek, kasur busa, dan lain-lain.

“Karena triplek, kita pegang seperti kerupuk (rapuh). Setelah terbakar, sebagian mulai jatuh di bawah api,” kata Bambang.

Baca juga: Titik Api di Lapas Tangerang Disebut Muncul Sejak 7 September 2021 Malam

“Di bawah itu ada kasur, kasur itu sangat-sangat sensitif. Api bisa menyala dengan mudah lalu membesar,” lanjutnya.

Empat terdakwa kasus kebakaran Lapas Klas I Tangerang, yakni Suparto, Rusmanto, Yoga Wido Nugroho, dan Panahatan Butar Butar, hadir dalam persidangan pada Selasa.

Mereka adalah petugas Lapas Klas I Tangerang.

Sidang perdana yang digelar pada 25 Januari 2022 itu dijadwalkan membacakan dakwaan.

Suparto, Rusmanto, dan Yoga dijerat pasal 359 KUHP. Sementara itu, Panahatan dijerat dengan Pasal 188 KUHP.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.