Skip to content

Ali Ridho Menyebarkan Islam di Pinggiran Banjarbaru

Ali Ridho Menyebarkan Islam di Pinggiran Banjarbaru

Memuat…

BANBARBARU – Dengan semangat siaran islam di Tanah Banjarbaru, Ali Ridho yang berlatar belakang petani mendirikan TPQ Baity Al Hikmah. Tempat edukasi ini memfasilitasi anak-anak hingga orang tua untuk belajar membaca Al-Qur’an. Terletak di Kampung Baru, Desa Landasan Ulin Utara, Kecamatan Liang Anggang, atau lebih dikenal dengan Desa Sayur di Banjarbaru.

Di tengah ramainya perkebunan sayur di desa ini, tempat belajar ini hadir untuk memudahkan warga sekitar belajar membaca Al-Qur’an. Saat ini, ada puluhan mahasiswa yang belajar di TPQ yang memiliki fasilitas tersebut.

Berdiri sejak tahun 2016, kehadiran TPQ Baity Al Hikmah seolah menjadi jawaban atas kebutuhan akan tempat pendidikan yang lokasinya dekat dengan rumah siswa. Sebelum TPQ, para orang tua di Kampung Baru menyekolahkan anaknya di tempat yang cukup jauh dari rumah. Sebagai tempat menuntut ilmu, Ali menjadikan rumahnya sebagai pusat belajar. Ia mengandalkan aula semi terbuka untuk mengumpulkan anak-anak belajar membaca Al-Qur’an.

“Awalnya saya hanya berpikir bagaimana anak-anak di desa ini bisa membaca Al-Qur’an. Namun seiring berjalannya waktu, pada tahun 2017 kami resmi membuka TPQ. Setahun kemudian TPQ kami bergabung dengan Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia,” kata Ali.

Ali juga menggagas TPQ untuk tahfiz dan lansia. Fasilitas belajar ini dihadirkan Ali agar lebih banyak orang dari berbagai latar belakang dan usia bisa belajar membaca Al-Qur’an.

Soal biaya operasional TPQ Baity Al Hikmah, Ali mendukungnya dari infaq santri dan menyisihkan sebagian hasil usahanya berjualan nasi pecel. Salah satu dana operasional, Ali digunakan untuk pembangunan gedung baru TPQ yang saat ini sedang berjalan.

“Saya mendirikan toko ini, selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, saya juga mendukung operasional TPQ,” kata Ali yang juga terdaftar sebagai salah satu pendamping bisnis program Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia dari Global Wakaf-ACT.
Upaya Ali membangun fasilitas TPQ juga mendapat banyak dukungan, ACT salah satunya meningkatkan awareness melalui website Indonesia Dermawan.*

Lihat lainnya: Jejak Awal Penyebaran Islam di Kuningan

(lebar)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”