Antisipasi Penimbunan di Palembang, Satgas Pangan Diminta Jaga Pasokan Selama Ramadhan

Antisipasi Penimbunan di Palembang, Satgas Pangan Diminta Jaga Pasokan Selama Ramadhan

Memuat…

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengatakan beberapa bahan pokok mengalami kenaikan. Foto foto SINDOnews

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru mengatakan beberapa bahan pokok mengalami kenaikan. Untuk menjaga harga tetap stabil, Deru bertanya Satgas Pangan terus memantau untuk mencegah praktik penimbunan.

Momen puasa ini diharapkan tidak ada lagi oknum yang menimbun bahan pokok. “Penting agar semua elemen yang terlibat seperti Satgas Pangan dan Forkopimda bersinergi agar suplai ke masyarakat lancar tanpa penimbunan,” kata Deru, Rabu (29/3/2022). Lihat lainnya: Polri Turunkan Tim Satgas Pantau Ketersediaan dan Harga Pangan

Hal itu dikatakan Gubernur saat dirinya dan Forkompinda memantau sejumlah pasar jelang Ramadhan. Deru mengatakan, kenaikan harga pangan di beberapa pasar tradisional seperti Pasar Sekip dan Pasar Kuto Palembang masih dinilai wajar, mengingat stok pangan yang naik masih melimpah.

“Memang permintaan dari masyarakat meningkat, kenaikan harga masih dalam batas wajar. Belum ada perubahan yang signifikan,” kata Deru, Rabu (30/3/2022).

Berdasarkan pantauan di lapangan, ada sejumlah bahan kebutuhan pokok yang saat ini mengalami kenaikan harga. Seperti daging sapi yang naik dari sekitar Rp. 130.000 per kilogram menjadi Rp. 145.000 per kilogram.

Selain itu, harga bawang merah juga naik dari Rp35.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram, bawang putih dari Rp30.000 menjadi Rp35.000 per kilogram.

Sedangkan kebutuhan pokok lainnya relatif stabil di pasaran, seperti

minyak goreng kemasan premium Rp26.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp24.000 per liter. Telur ayam kampung seharga Rp. 23.500 per kilogram, telur ayam kampung seharga Rp. 44.000 per kilogram.

Kemudian tepung terigu merk Blue Segitiga dijual dengan harga Rp. 10.500 per kilogram, gula putih seharga Rp. 14.000 per kilogram, dan beras premium seharga Rp. 11.500 per kilogram. “Kalau dilihat dari jumlah kenaikan harga, secara umum tidak ada lonjakan harga yang tinggi, tapi yang terpenting suplai terpenuhi,” jelas Deru.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, juga sempat mengecek harga sembako di Palembang. Menurutnya, harga beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan merupakan hal yang wajar dan masih bisa ditoleransi. Lihat lainnya: Satgas Pangan Polisi Sebut Invasi Rusia ke Ukraina Pengaruhi Harga Pangan

Dia berharap pasokan bahan pokok tidak terganggu sehingga harga tidak melambung. “Pasokan lancar setiap hari sehingga barang ada semua, yang penting stok aman sehingga tidak ada kekurangan,” jelasnya.

(mengenakan)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”