Apa itu Norma? Ini dia pengertian, jenis dan tujuannya

JAKARTA, IGNews.id – Apa norma untuk menjadi pertanyaan yang keluar dalam ujian. Untuk mengetahui dan memahami jawabannya, inilah arti, jenis dan tujuannya.

Di Indonesia banyak sekali norma yang berlaku di masyarakat. Norma-norma tersebut mengatur dan mengikat masyarakat. Berikut penjelasannya.

Apa itu norma?

Norma adalah aturan, standar atau ukuran, yang merupakan sesuatu yang pasti dan tidak berubah. Pengertian lain dari norma adalah aturan atau pedoman sosial tertentu mengenai perilaku, sikap, dan tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan di lingkungannya.

Yang dimaksud dengan norma, yaitu aturan yang memiliki perintah dan larangan. Norma perintah adalah keharusan seseorang melakukan sesuatu, karena akibat yang ditimbulkannya baik, misalnya setiap orang wajib melapor kepada yang berwajib jika mengetahui adanya suatu tindak pidana.

Norma larangan, yaitu kewajiban seseorang untuk tidak melakukan sesuatu karena akibat yang dianggap tidak menguntungkan, dan tidak dapat memberikan sanksi kepada yang mengatur, misalnya dilarang membunuh dan mencuri.

Mengapa Norma Diperlukan dalam Masyarakat?

Dalam

kehidupan bermasyarakat, perbedaan kepentingan dapat menimbulkan perselisihan, perpecahan, bahkan menimbulkan kekacauan. Untuk menghindari konflik akibat perbedaan kepentingan, diperlukan suatu tatanan kehidupan berupa aturan-aturan dalam kehidupan bermasyarakat di masyarakat.

Tujuan norma dibentuk untuk melindungi kepentingan manusia agar ketertiban dan ketentraman dapat terwujud dalam kehidupan masyarakat.

Editor : Puti Aini Yasmin

class="col-md-12 text-center"> Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”