APDESI Ingin Jokowi Tiga Periode, Nasdem Tak Ingin Pekerjaan Pemerintah Terganggu Karena Kebisingan

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali menilai wacana penambahan masa jabatan presiden menjadi maksimal tiga periode harus diakhiri agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

Hal itu disampaikan Ali menanggapi dukungan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) kepada Presiden Joko Widodo untuk menjabat selama tiga periode.

“Kami tidak ingin wacana seperti itu mengganggu agenda kerja presiden di periode kedua karena kami tahu apa yang dihadapi presiden saat ini tidak mudah,” kata Ali saat dihubungi. Ipadguides.comRabu (30/3/2022).

Ia mengatakan, banyak hal yang harus diselesaikan pemerintah Jokowi dalam sisa dua tahun masa jabatannya, antara lain memulihkan perekonomian pascapandemi Covid-19 dan menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok.

Baca juga: APDESI Versi Arifin Abdul Majid Keberatan Diikuti Dukungan Jokowi Periode III

Menurut Ali, upaya ini membutuhkan dukungan penuh dari masyarakat, sedangkan wacana presiden tiga periode justru bisa menimbulkan perpecahan di masyarakat.

“Kalau ada perpecahan akan terjadi chaos, akan ada pro kontra, akan terjadi polarisasi sehingga banyak agenda yang tertunda karena itu,” kata Ali.

class="ads-on-body">

Selain itu, Ali juga menilai wacana tiga periode masa jabatan presiden juga sulit terwujud karena hingga saat ini MPR belum berencana mengubah UUD 1945.

“Selama tidak ada revisi Undang-Undang (UU), harapan kelompok kepala desa dan kelompok ini hanya wacana saja,” kata Ali.

Sebelumnya diberitakan, APDESI menyatakan akan menyatakan dukungan kepada Jokowi untuk menjabat selama tiga periode.

Demikian disampaikan Ketua Umum DPP APDESI Surtawijaya saat ditemui media usai Rakernas APDESI 2022 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Apdesi Ingin Jokowi 3 Periode, Deputi PPP: Ada Cara Lain

“Setelah Lebaran, kita nyatakan (dukungan Presiden Jokowi selama tiga periode). Kawan, ini bukan cerita, ini fakta, siapa pun pemimpinnya, itu bukan basa-basi, mengumumkan, menyatakan apa yang kita inginkan,” katanya.

Surta

menjelaskan, Presiden Jokowi telah banyak mengabulkan permintaan kepala desa. Sehingga mereka menilai Kepala Negara peduli dengan desa.

“Sekarang kita timbal balik, dia peduli dengan kita. Itu harapan kita, siapa tahu ke depan semuanya akan lebih baik. Teman-teman kita sepakat untuk tiga periode. Lanjutkan,” katanya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.