Skip to content

AS Tarik 2 Kapal Perang dari Laut Hitam Menjelang Invasi Rusia ke Ukraina, Takut Dibom?

AS Tarik 2 Kapal Perang dari Laut Hitam Menjelang Invasi Rusia ke Ukraina, Takut Dibom?

Memuat…

Amerika Serikat menarik beberapa kapal perangnya dari Laut Hitam menjelang invasi Rusia ke Ukraina. Foto/Flickr/Angkatan Laut AS/MSC Kelas 3 Andrew Eder

WASHINGTON Amerika Serikat (AS) menarik dua kapal perangnya dari Laut Hitam pada bulan Januari atau sebelumnya Rusia menyerbu Ukraina .

Langkah tiba-tiba pada saat itu memicu spekulasi bahwa Washington khawatir kedua kapalnya akan terpengaruh oleh serangan Moskow yang akan segera terjadi.

Pentagon pada Rabu (30/3/2022) waktu Washington mengkonfirmasi penarikan kedua kapal tersebut dengan alasan situasi yang memburuk di Ukraina.

Menurut Pentagon, Washington membuat keputusan yang bijaksana untuk menarik dua kapal perusak Angkatan Laut AS dari Laut Hitam pada bulan Januari, dan penarikan itu dilakukan berdasarkan pertimbangan keamanan nasional.

Lihat lainnya: Militer Israel Terkejut Melihat Perang Rusia di Ukraina

“Angkatan Laut AS secara rutin memindahkan kapal ke dalam atau keluar dari Laut Hitam, tetapi menyerukan penarikan kembali dua kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke sekitar bulan Januari,” kata juru bicara Departemen Pertahanan John Kirby kepada wartawan pada Januari. pengarahan Harian Pentagon.

Kirby mengomentari pengungkapan yang dibuat oleh Kepala Komando Eropa, Jenderal Tod Wolters, pada hari sebelumnya, ketika dia mengatakan kepada Komite Angkatan Bersenjata Kongres bahwa kedua kapal perusak itu ditarik karena situasi yang memburuk di Ukraina.

“AS saat ini tidak memiliki kapal perang di Laut Hitam, tetapi harus kembali ke daerah itu sesegera mungkin,” kata Wolters kepada Kongres.

Saat ini, militer AS memiliki kru yang terbang di selatan dan drone di utara laut.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”