Skip to content

Bakamla Bisa Menyelidiki, Mahfud MD Minta Lembaga Negara Jalin Sinergi

Bakamla Bisa Menyelidiki, Mahfud MD Minta Lembaga Negara Jalin Sinergi

Memuat…

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menegaskan, keberadaan Bakamla tidak mengurangi kewenangan lembaga lain. Foto/doc.SINDOnews

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan harapan pemerintah bahwa bakamla dapat menjalin sinergi yang baik dengan memiliki fungsi investigasi.

Hal itu ia sampaikan dalam Sosialisasi Perda. Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum Di Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia pada Selasa (29/3/2022).

Mahfud MD menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di perairan Indonesia dan wilayah hukum Indonesia, untuk jangka pendek diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Lihat lainnya: KPK Jadwalkan Pemeriksaan Dua Tersangka Proyek Bakamla

“Dalam jangka panjang akan diatur dalam bentuk undang-undang dengan melakukan revisi terbatas UU Maritim atau Omnibus Law di bidang kelautan yang mengatur Bakamla sebagai Coast Guard dan juga memberikan kewenangan penyidikan,” kata Mahfud. dokter

Ia mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar Badan Keamanan Laut menjadi cikal bakal Coast Guard Indonesia dan menekankan kepentingan nasional sehingga kewenangan masing-masing Kementerian/Lembaga dapat terkoordinasi dan bersinergi dengan baik.

Pada tanggal 11 Maret 2022, Pemerintah telah menetapkan dan menetapkan Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum di Perairan Indonesia dan Yurisdiksi Indonesia.

Menurut Mahfud MD, PP tersebut tidak mengurangi kewenangan kementerian/lembaga tetapi mengatur pengelolaan keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di laut.

“Sehingga dapat meningkatkan sinergi antar kementerian/lembaga, efektivitas patroli, efisiensi anggaran dan sumber daya serta meningkatkan jaminan keamanan nasional di laut,” jelas Mahfud MD.

(muh)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”