Skip to content

Banyak Spekulan Beli Tanah di Kawasan IKN Nusantara, Sofyan Djalil: Merugikan Masyarakat

JAKARTA, IGNews.id – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil, mengatakan banyak spekulan yang membeli tanah di sekitar kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurut dia, para spekulan mulai gencar membeli tanah masyarakat, setelah ada pengumuman pemerintah bahwa ibu kota akan dipindahkan ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

“Kita tahu begitu berita ibu kota akan dipindahkan, terjadi gerakan bawah, para spekulan tanah mulai mencari dan membeli tanah masyarakat,” ujar Sofyan Djalil dalam Market Review IDXChanel, Kamis (31/3/2022).

Dia menjelaskan, hal tersebut justru akan merugikan masyarakat yang tanahnya dibeli oleh para spekulan dengan harga rendah. Nantinya para spekulan tersebut akan menjual kembali dengan harga yang tinggi.

“Pemerintah melihat itu tidak ada nilai tambahan, yang ada hanya menciptakan harga karena ulah para spekulan,” kata Sofyan Djalil.

Dia mengungkapkan, hal inilah yang menjadi keputusan dasar pemerintah untuk membekukan transaksi jual beli tanah untuk kawasan sekitar pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Pembekuan transaksi tersebut terutama dilakukan untuk wilayah yang berada di sekitaran kawasan pembangunan awal pemerintahan. “Tujuannya adalah untuk mencegah spekulasi, karena akan menyebabkan kenaikan harga yang buatan,” ungkap Sofyan Djalil.

Bahkan jika spekulan tersebut tidak dihentikan sejak dini, maka yang akan mendapat banyak manfaat adalah spekulan. Sedangkan masyarakat yang menjual tanah kepada mereka tidak mendapatkan apa-apa.

“Itu tujuan pembekuan jual tanah, termasuk pembatasan izin baru untuk pembangunan daerah IKN Nusantara tersebut. Orang-orang yang melakukan spekulasi spekulasi ketentuan, nanti akan dipanggil,” tutur Sofyan Djalil.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”