Skip to content

Beku di Eropa, Federasi Sepak Bola Rusia Tiru Israel Ingin Gabung Asia

Beku di Eropa, Federasi Sepak Bola Rusia Tiru Israel Ingin Gabung Asia

Memuat…

Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) berencana untuk mengubah status kompetisinya dari Eropa ke Asia/Photo/facebook.com

MOSKOW – Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) tidak bergeming untuk menghadapi sanksi yang dijatuhkan UEFA dan FIFA akibat perang Rusia vs Ukraina. RFU berencana mengalihkan status persaingannya dari Eropa ke Asia.

Penangguhan aktivitas sepak bola yang diberlakukan oleh UEFA dan FIFA, termasuk terhadap klub dan tim nasional Rusia, telah membuat RFU memutar otak untuk menemukan cara agar aktivitas sepak bola mereka kembali ke jalurnya.

Menurut laporan dari Daily Mail, Selasa (29/3/2022), Federasi Sepak Bola Rusia saat ini sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan UEFA dan bergabung dengan konfederasi Asia atau AFC.

Klub dari Liga Rusia saat ini tidak dapat bermain di Liga Champions, Liga Europa, atau Liga Konferensi Eropa dengan waktu yang tidak pasti. Klub Spartak Moscow terdepak dari Liga Europa 2021/2022 di babak 16 besar.

Selain itu, timnas Rusia juga tersingkir dari kualifikasi Piala Dunia tahun ini. Hal ini membuat Federasi Sepak Bola Rusia harus mencari jalan keluar. Pasalnya, jika tidak bertindak cepat, sepak bola Rusia bisa mengalami kemunduran.

Untuk itu, Rusia berencana mengubah arah dari yang sebelumnya mengikuti UEFA, kini Rusia berencana bergabung dengan AFC. Pasalnya, Rusia diduga memiliki banyak sekutu di kawasan Asia.

Meskipun, pemikiran ini memang menimbulkan pro dan kontra di antara para pemimpin Rusia. Namun, Rusia tentu tak mau tinggal diam. Mungkin ini salah satu solusi terbaik bagi Rusia untuk saat ini di tengah perang.

Namun, pengalihan status tersebut harus disahkan oleh federasi AFC. Memang tidak mudah, namun bukan tidak mungkin Rusia bisa menjadi bagian dari AFC.

Sebab, ada kejadian yang hampir mirip. Misalnya, federasi Israel sebelumnya berada di bawah naungan AFC dari tahun 1954 hingga 1974, sebelum diusir. Pada saat itu, Israel tidak berafiliasi dengan konfederasi manapun, hingga memutuskan untuk bergabung dengan UEFA pada tahun 1991.

Selain itu, Kazakhstan awalnya merupakan anggota AFC sebelum akhirnya bergabung dengan UEFA pada 2002. Sementara Australia keluar dari federasi Oseania untuk bergabung dengan AFC pada 2005.

(sha)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”