BMKG Ungkap Perubahan Iklim Penyebab Cuaca Ekstrem yang Sering Terjadi di Indonesia

JAKARTA, IGNews.id – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menjelaskan, perubahan iklim menjadi faktor penguat mengapa cuaca ekstrem semakin sering terjadi di Indonesia. Mulai dari hujan lebat disertai kilat dan guntur, siklon tropis, gelombang tinggi, hingga hujan es atau kemarau panjang.

Dalam menghadapi kerawanan lingkungan, situasi ekstrim tersebut seringkali mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, angin topan dan tanah longsor serta kebakaran lahan. Perubahan iklim juga merusak keteraturan iklim dan cuaca di Indonesia.

Hal ini kemudian berdampak serius terhadap keberlanjutan sektor pertanian dan perikanan, yang dapat menimbulkan ancaman terhadap ketahanan pangan Indonesia.

Oleh karena itu, sejak tahun 2011 BMKG menyelenggarakan Sekolah Lapang Iklim secara berkala dan berkesinambungan untuk membekali para petani dan nelayan dengan pemahaman dan kemampuan membaca cuaca dan iklim, serta beradaptasi secara tepat untuk meningkatkan produksi panen dan tangkapan ikan.

Editor

: Reza Fajri

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”