Skip to content

Bos Geo Dipa memastikan situasi kondusif pasca insiden kebocoran gas di PLTP Dieng

Bos Geo Dipa memastikan situasi kondusif pasca insiden kebocoran gas di PLTP Dieng

Memuat…

JAKARTA – Presiden direktur PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki F Ibrahim memastikan wilayah kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng, Jawa Tengah, kondusif pasca kejadian kebocoran gas pada Sabtu (12/3/2022) siang. Ia juga memastikan tidak terpapar gas beracun H2S yang sudah menyebar ke pemukiman warga.

“Tidak ada sterilisasi atau evaluasi karena H2S yang keluar tadi dan menumpuk sudah menguap di udara. Lokasi aman,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (12/3/2022) malam.

Lihat Lainnya: Insiden di PLTP Dieng, Dirut Geo Dipa Pastikan Tidak Ada Ledakan

Dia menjelaskan, kejadian tersebut bermula ketika terjadi kebocoran di sumur produksi yang sedang diperbaiki. Ada rig/menara pengeboran di sana. Untuk proses perbaikan, sumur harus diinjeksi terlebih dahulu agar mati.

“Saat diinjeksi, salah satu pompa terbuka sehingga keluar H2S. Jadi tidak ada ledakan atau semburan. Dan kebocoran itu ada di pompa, bukan di kepala sumur,” jelasnya.

Lebih lanjut, Riki mengatakan perangkat dibuka dengan tekanan 2.000 psi. Padahal, saat itu sumur hanya disuntikkan pada tekanan 400 psi atau seperlimanya.

“Pemimpin tim Lili Marsudi berniat menutup pompa. Namun, H2S yang terkonsentrasi di area tersebut terhirup hingga korban tidak sadarkan diri. Belakangan, adik Lili meninggal saat dirawat di RSUD Wonosobo,” ujarnya.

Lihat lainnya: Data Lengkap 9 Korban Kebocoran Gas PLTP Geo Dipa Dieng

Ia menambahkan, melihat temannya tidak sadarkan diri, sejumlah pekerja lain dari tim kontraktor berniat membantu dan membantunya. Tapi sayangnya mereka juga menghirup H2S.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”