Skip to content

Bos Zoom dengan Rp. Aset 90 Triliun, Visanya Ditolak 8 Kali Jadi CEO Terbaik

BEIJING, IGNews.id – Eric Yuan adalah salah satu orang terkaya dalam daftar 500 miliarder Bloomberg. Pendiri dan CEO Zoom berada di peringkat 408 di Indeks Miliarder Bloomberg dengan kekayaan tercatat sebesar 6,33 miliar dollar AS atau setara dengan Rp. 90,75 triliun.

Yuan adalah miliarder Amerika, yang lahir di Kota Tai’an di Provinsi Shandong, China pada 20 Februari 1970. Orang tuanya adalah insinyur pertambangan.

mengutip Cerita sukses, saat duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar (SD), ia mengumpulkan sisa-sisa konstruksi dan daur ulang tembaga untuk ditukar dengan uang. Sebagai orang dewasa, Yuan kuliah di Universitas Sains dan Teknologi Shandong dan mengambil jurusan matematika terapan dan ilmu komputer.

Setelah meraih gelar sarjana, Yuan melanjutkan pendidikan masternya di China University of Mining and Technology di Beijing dengan spesialisasi di bidang teknik geologi. Setelah lulus dari perguruan tinggi, ia pindah ke Jepang untuk mengikuti program pelatihan. Sekitar tahun 1995, ia bertemu dengan salah satu pendiri Microsoft Bill Gates di Tokyo, yang menyampaikan pidato tentang ledakan teknologi abad ke-21.

Yuan terinspirasi oleh pidato Gates dan membuatnya ingin pindah ke Amerika Serikat dan membangun karirnya di Silicon Valley. Namun kepindahannya ke AS pada awalnya sulit karena butuh 2 tahun dan delapan aplikasi visa sebelum akhirnya diterima di negara itu.

Pada upaya kesembilannya, Yuan akhirnya mendapatkan persetujuan aplikasi visanya dan segera pindah ke AS untuk bergabung startup konferensi web WebEx sebagai insinyur perangkat lunak. WebEx sedang dalam perjalanan untuk menjadi pemimpin pasar dalam aplikasi kolaborasi berdasarkan permintaan.

Saat itu, dia berusia 27 tahun dan merupakan salah satu dari 20 karyawan pertama perusahaan. Dia tidak bisa berbahasa Inggris pada saat itu dan masih belajar dari rekan satu timnya.

“Saya tidak pernah mengikuti pelatihan bahasa Inggris formal karena saya sangat sibuk menulis kode setiap hari,” katanya.

Redaktur : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”