Bukan sekedar trend, komunitas sepeda tua berperan melestarikan sejarah

Bukan sekedar trend, komunitas sepeda tua berperan melestarikan sejarah

Memuat…

Tidak hanya di Jakarta, di seluruh Indonesia juga terdapat komunitas sepeda tua yang mewakili daerahnya masing-masing. / Foto: Tangkapan Layar YouTube Pihak Perindo

JAKARTA – Di masa pandemi Covid-19, sebagian orang menjadikan bersepeda sebagai salah satu olahraganya. Bahkan penjualan sepeda pun meningkat.

Menanggapi fenomena tersebut, perwakilan dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Teddy Nugraha mengatakan bahwa sepeda bukan sekedar trend, tetapi juga memiliki komunitas untuk memeliharanya.

Menurutnya, tidak hanya di Jakarta, namun di seluruh Indonesia juga terdapat komunitas sepeda yang mewakili daerahnya masing-masing. Mulai dari jaman dulu atau ontel, hingga masa kini.

Lihat lainnya: Jadilah Miss World Asia 2021, Carla Yules: Berbicara di Depan Umum, Itu Ketakutan Terbesar Saya Dalam Hidup

“Jakarta punya KOBA, Komunitas Batavia Ontel. Bandung punya PSBB, Persatuan Sepeda Baheula Bandung dan masih banyak lagi, semua nama komunitas itu,” jelas Teddy dalam podcast di kanal YouTube Partai Perindo bertajuk Romantisisme Sepeda Tua Gowes di Era Metaverse, Sabtu (26/03). /2022).

Teddy

mengatakan, baik dirinya maupun seluruh komunitas sepeda di Indonesia tentu bangga dengan nama klub tersebut. Meski berbeda, namun visi dan misi yang diusung adalah sama yaitu mempertahankan eksistensi sepeda tua yang masih ada di Indonesia.

Selain itu, kata Teddy, keberadaan sepeda tua ini merupakan bagian dari sejarah di Indonesia. Dimana pada masa lalu penjajah seperti Belanda yang merupakan salah satu negara yang membawa sepeda ontel ke negara kita.

“Tapi kita berdua (mengingatkan) bahwa kita adalah aktor sejarah. Kita mempertahankan apa yang dimiliki Indonesia saat ini. Dimana banyak yang hancur, ada banyak. Tapi itu adalah perasaan yang sama untuk memiliki, menjaga dan merawat sehingga muncul kebersamaan. ,” jelasnya. .

Lihat

lainnya: Ini himbauan Kemenkes agar mudik dan libur lebaran tetap aman

Lebih lanjut dikatakannya, keberadaan sepeda tua saat ini benar-benar harus dipertahankan. Untuk itu, melalui komunitas sepeda ini diharapkan bisa saling menjaga. Pasalnya, pemilik sepeda ini juga tidak mengenal usia, sehingga keberadaan komunitas ini dapat semakin mempererat tali silaturahmi dengan sesama.

(nug)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”