Skip to content

Buruh Migran Indonesia yang Hampir Meninggal di Malaysia Dipulangkan

JAKARTA, KOMPAS.com – Seorang warga negara Indonesia (WNI) bernama Welmince Alunat (WA) dikabarkan telah dibebaskan dari hukuman mati di Malaysia. Seorang perempuan asal Nusa Tenggara Timur yang menjadi TKI di negara tetangga terancam hukuman mati karena dugaan pembunuhan tidak disengaja terhadap bayinya sendiri.

Menurut informasi yang diterima Ipadguides.com dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, kasus seputar Welmince dimulai pada 2019. Saat itu Welmince ditangkap oleh Polisi Kerajaan Malaysia (PDRM) karena dituduh melakukan pembunuhan. bayinya sendiri.

Pada tanggal 3 Desember 2021, Pengadilan Tinggi Shah Alam-Selangor, yang merupakan pengadilan tingkat pertama, memutuskan bahwa Welmince telah melakukan pembunuhan tidak disengaja, sehingga tidak termasuk hukuman mati. Ia kemudian divonis hanya 2 tahun penjara.

Baca juga: Kemlu: 2 WNI Pembunuh di Arab Saudi Dieksekusi

“Atas putusan ini Jaksa Penuntut Umum tidak mengajukan banding, sehingga putusan pengadilan tersebut mempunyai kekuatan hukum tetap. Dengan memotong masa penahanan 2 (dua) tahun, WA dapat dibebaskan,” kata Koordinator Fungsi Konsuler RI tersebut. KBRI Kuala Lumpur, Rijal Al Huda dalam keterangan pers yang diterima Ipadguides. .com pada Selasa (29/3/2022).

Dalam keterangannya, KBRI Kuala Lumpur telah memberikan bantuan hukum sejak Welmince ditahan. KBRI Kuala Lumpur menggandeng pengacara punggawa Gooi & Azura untuk menangani kasus yang melibatkan Welmince.

Selain itu, KBRI Kuala Lumpur juga dibantu oleh Pusat Medis dan Kesehatan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Pusdokkes Polri) dalam melakukan pembelaan hukum terhadap
Welmince.

Baca Juga: Pertempuran Sengit di Chernihiv Ukraina, Evakuasi 9 WNI Butuh 22 Hari

Setelah dinyatakan bebas, Welmince dipindahkan dari Lapas Kajang ke Rumah Detensi Imigrasi (DTI) untuk proses pemulangan. Ia seharusnya dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 4 Maret 2022. Namun, ia dinyatakan positif Covid-19.

Welmince akhirnya bisa kembali ke tanah air bersama dengan 3 pekerja migran Indonesia lainnya yang telah menyelesaikan masalah mereka. Ia pulang dengan penerbangan Malaysian Air menuju Bandara Soekarno-Hatta dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 25 Maret 2022.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.