Cara menghilangkan panu hingga ke akarnya

JAKARTA, IGNews.id – Panu adalah masalah kulit yang disebabkan oleh jamur. Bahkan dalam dunia medis, panu dikenal dengan istilah panu atau pitiriasis versikolor.

Lalu bagaimana cBagaimana cara menghilangkan panu hingga ke akarnya?

Perlu diwaspadai karena panu biasanya berawal dari bercak putih yang jika tidak diobati bisa membesar. Bahkan pada beberapa kasus panu bisa membuat kulit seperti bersisik.

“Dalam beberapa kasus, panu bisa berupa kulit bersisik atau kering sehingga menimbulkan rasa gatal pada kulit, atau tidak,” kata Dr Steven Daveluy, MD, asisten profesor di Wayne State Dermatology, dikutip dari Men’s Health, Rabu. 30/3). /2022).

Berbicara tentang penyebabnya, panu memang berbeda dengan jerawat. Panu disebabkan oleh infeksi jamur. Bahayanya, pada musim panas dan lembap, panu bisa bertambah parah jika tidak segera diobati.

“Tinea versikolor umumnya muncul di musim panas. Panu akan menjadi masalah serius saat cuaca panas dan lembab,” kata Rajani Katta, MD.

Dokter Katta melanjutkan, ccara menghilangkan panu hingga ke akarnya sangat mudah dengan produk yang dijual bebas di pasar. Misalnya salep antijamur yang mengandung miconazole, clotrimazole, atau terbinafine.

“Jadi, salep didiamkan di kulit selama 5 menit sebelum dibilas. Disarankan salep dioleskan tipis-tipis, cukup pakai 2 kali sehari selama 2 minggu,” kata dr Daveluy.

Jika panu tidak hilang sepenuhnya dengan pengobatan setelah satu sampai dua minggu, ada baiknya Anda menemui dokter kulit untuk pengobatan tambahan.

“Pada kasus yang lebih parah, dokter akan meresepkan pil atau obat antijamur oral untuk membunuh ragi kulit,” kata Dr Daveluy.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”