6 Cara Riset Kata Kunci Youtube Yang Paling Banyak Dicari

Cara Riset Kata Kunci Youtube Yang Paling Banyak Dicari
Cara Riset Kata Kunci Youtube Yang Paling Banyak Dicari

Cara Riset Kata Kunci Youtube Yang Paling Banyak Dicari – Menemukan kata kunci youtube yang paling banyak dicari memiliki peran yang begitu penting untuk meningkatkan viewers dari video yang kamu unggah di  channel Youtube. Karena kata kunci inilah kemudian penonton bisa menemukan video yang kamu upload, baik itu melalui search bar youtube, situs penelusuran google, maupun search engine lainnya.

Selain itu keyword video youtube yang tepat, akan membuat sistem algoritma youtube menempatkan video tersebut dalam posisi yang mudah ditemukan orang serta mendapat ranking di pencarian. Entah itu muncul di beranda maupun ataupun muncul dibagian  rekomendasi.

Penggunaan kata kunci ini sangat penting pada setiap video di youtube. Untuk penempatan keyword bisa dipasang pada judul, deskripsi, dan yang paling penting pada bagian tag. Kata kunci inilah yang akan dijadikan oleh algoritma youtube untuk mengindeks video yang kamu upload. Ketika kata kuncinya tidak tepat sasaran maka video pun akan sulit ditemukan di pencarian. Akibatnya video kamu sangat sulit untuk mendapatkan penonton apalagi subscriber, kamu membutuhkan waktu yang lama untuk dikenali youtube.

Untuk

mendapatkan keyword yang tepat ini tentu saja tidak tidak sembarangan. Terlebih lagi jika chanel youtube masih baru dan belum memiliki subscriber yang banyak. Kata kunci harus disesuaikan dengan apa yang orang cari dengan mengetikkan di search bar youtube maupun search engine lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan teknik untuk meriset khusus agar kata kunci yang diinginkan tepat sasaran. Berikut 6 cara riset kata youtube yang paling banyak dicari.

6
cara riset keyword

1. Search Bar Youtube

Menggunakan search bar youtube itu sendiri adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan, saat mengetikkan  di kolom pencarian di youtube, maka dibawahnya akan muncul kata-kata rekomendasi lainnya. Sebagai contoh; ketika kita mengetikan kata “keyword youtube” maka pada bagian bawah akan muncul kata-kata lain yang masih berhubungan dengan kata yang diketikan tersebut. Kata-kata itulah yang kemudian dapat kamu pakai dan digunakan sebagai kata kunci video kamu. Dengan catatan penggunaan kata-kata tersebut harus relevan dengan video yang kamu buat. Selain itu, penggunaannya kata kunci juga harus secukupnya dan tidak berlebihan.

2. Melalui Google Trends

Google trends merupakan situs milik google yang menyajikan data statistik pencarian dalam kurun waktu tertentu. Misal perminggu, perbulan, dan pertahun kamu bisa melakukan pencarian topik dan juga istilah pencarian tertentu dalam kolom pencarian yang disediakan. Kemudian google trend akan menampilkan sejauh mana kata kunci tersebut dicari orang dengan gambaran grafik, serta kueri yang terkait dengan kata pencarian kamu.

Selain itu kamu dapat membandingkan dengan kata yang lain. Hasil dari perbandingan tersebut ditampilkan dalam bentuk grafik dan rekomendasi istilah atau topik yang mendekati kata yang kita cari. Dengan menggunakan google trends ini, kamu dapat mengetahui trend pada negara, wilayah, atau kota tertentu, bahkan dalam kurun waktu tertentu dan juga secara realtime.

3. Menggunakan KeywordTool.io

Keywordtool.io merupakan suatu situs layanan untuk riset kata kunci yang bisa untuk youtube dan juga website. Situs ini dibuat oleh  Artem Galimov dan Leow Kah Thong, dan diluncurkan pada pertengahan 2014. Situs ini menyediakan layanan pencarian kata kunci untuk Google, Youtube, Bing, Amazon, Ebay, Play Store, Instagram, dan twiter. Situs ini menyediakan kata kunci dalam berbagai bahasa.

Cara penggunaanya keywordtool.io ini sangat mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci yang kamu bidik kemudian klik pencarian. Maka disitu akan dimunculkan berbagai kata kunci lain yang masih relevan dengan kata kunci yang kamu cari. Selain kata kunci kamu juga dapat menemukan pertanyaan seperti apa terhadap kata kunci yang kamu ketikan dan hastag yang digunakan. Untuk versi berbayar, kata kunci yang muncul akan disertai dengan volume pencarian, trend, CPC, dan kompetisi dari kata kunci tersebut. Sedangkan untuk versi gratis volume pencarian tidak ditampilkan, dan sangat terbatas.

4. Menggunakan TubeBuddy

Tubebuddy merupakan tool untuk riset keyword yang dikhususkan untuk pengembangan chanel youtube. Perusahaan ini berada di San Diego, CA, Amerika Serikat dan didirikan pada Desember 2014. Sebelum Youtube diakuisi oleh google, tubebuddy telah beroperasi sekitar 13 tahun dan sudah memiliki ribuan pengguna.

Karena hanya berfokus pada pengembangan chanel youtube, tool tubbebudy yang satu ini memang cukup lengkap. Selain mendapatkan kata kunci kita juga akan mendapatkan jumlah pencarian, nilai overall, CPC, atau nilai kompetisi dari kata kunci tersebut. Namun untuk versi gratis, ada batasan jumlah tertentu yang dapat kamu akses. Untuk mendapatkan akses penuh maka kamu harus menggunakan tubebuddy versi berbayar terlebih dahulu. Dan perlu kamu ketahui, untuk menggunakan tubebuddy kamu harus mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan akun Gmail.

Dukungan tool ini cukup penuh, untuk PC kita dapat mendownload ekstensi yang dapat diinstal di web browser seperti google chrome, dan untuk versi mobile disediakan aplikasi khusus yang bisa diunduh di Playstore maupun Appstore, namun tampilan serta fiturnya tidak selengkap seperti di pc. Untuk cara riset keyword menggunakan tubebuddy sangat mudah.

4.1 Cara riset kata kunci youtube dengan tubebuddy

Untuk cara riset keyword pada tubebuddy klik pada bagian tag explorer kemudian ketikan kata kunci yang akan kamu bidik. Setelah itu kamu akan disuguhkan data-data seperti volume pencarian kata kunci, kompetisi, dan skor seo kata kunci tersebut.

Perlu diperhatikan ketika mengetikan kata kunci usahakan membuat kata kunci longtail keyword, karena longtail keyword lebih mampu bersaing ketika channel kamu belum besar. Semakin besar volume pencarian tentu persaingan juga semakin tinggi, penulis sarankan agar tidak memakai kata kunci tersebut.

Usahakan kamu memakai kata kunci volume pencarian besar tapi kompetisi rendah dan skor overall berada di level good atau very good akan sangat bagus dipakai. Namun jika tidak menemukan kata kunci dengan volume pencarian yang besar kata kunci dengan volume pencarian kecilpun bisa kamu pakai dengan syarat, skor overall kata kunci tersebut minimal good maka bisa dipakai.

Selain Itu jika kamu mentok dan tidak dapat kata kunci yang kamu inginkan kamu bisa melihat tag video orang lain, inilah salah satu  kelebihan dari tubebuddy kita bisa ngintip tag yang dipakai oleh kompetitor. Dengan mengetahui tag kompetitor kita bisa tahu tentang kompetitor kita.

Dengan tubebuddy ini juga kamu akan diberikan kata kunci yang masih relevan dengan kata kunci yang kamu bidik tadi. Kata yang  relevan tersebut bisa kamu pakai untuk tag video. Selain kelebihan dalam Hal riset keyword, aplikasi tubebuddy ini juga memudahkan kita ketika ingin menshare video kita, tapi harus login terlebih dahulu ke akun youtube. Dengan aplikasi tubebuddy kamu bisa langsung copy url video tanpa ribet, kemudian kamu bisa share link video kamu ke sosial media.

Baca juga: Perbandingan Tubebuddy dan Vidiq

5. Menggunakan Vidiq

Hampir sama dengan tubbuddy tool vidiq juga digunakan untuk keperluan riset kata kunci, ada beberapa bagian juga menampilkan volume pencarian, kompetisi, serta skor keseluruhan. Indikator untuk menentukan apakah kata kunci tersebut bisa kamu gunakan atau tidak sama dengan kriteria keyword pada tubebuddy.

6. Menggunakan TagYou

TagYou merupakan aplikasi mobile untuk riset kata kunci youtube, selain itu tagyou juga bisa kamu gunakan untuk melihat kata kunci yang digunakan oleh orang lain. Penggunaan tool TagYou ini sangat mudah digunakan. Kamu bisa download aplikasi TagYou tersebut di google playstore dan appstore.

6 cara riset kata kunci youtube yang paling banyak dicari tersebut memang wajib diketahui dan dipelajari oleh para youtuber pemula. Penggunaannya pun tidak hanya terpaku dengan satu cara saja, namun dengan mengkombinasikan tool-tool tersebut akan menghasilkan kata kunci yang sesuai dengan chanel youtube kamu, sehingga channel kamu lebih cepat berkembang, dan memenuhi syarat monetisasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.