Skip to content

Cathay Rencanakan Penerbangan Penumpang Terpanjang di Dunia, Hindari Langit Rusia

Cathay Rencanakan Penerbangan Penumpang Terpanjang di Dunia, Hindari Langit Rusia

Memuat…

Cathay Pacific merencanakan penerbangan penumpang terpanjang di dunia menghindari wilayah udara Rusia. Foto/REUTERS

HONGKONG – Cathay Pacific merencanakan penerbangan penumpang terpanjang di dunia dengan mengalihkan rute New York-Hong Kong melalui Atlantik, bukan Pasifik. Menurut maskapai, jalur baru menghindari wilayah udara atau langit Rusia .

“Jalur penerbangan akan mencakup kurang dari 9.000 mil laut—atau 16.668 kilometer—dalam 16 hingga 17 jam,” kata Cathay dalam sebuah pernyataan kepada AFPRabu (30/3/2022).

Ini akan melebihi penerbangan Singapore Airlines yang melakukan perjalanan dari negara-kota Asia Tenggara ke New York, yang terbang dengan jarak yang lebih pendek dalam jangka waktu yang lebih lama—sekitar 15.343 kilometer (9.534 mil) dalam 18 jam.

Cathay menolak menjelaskan mengapa jalur penerbangan barunya menghindari wilayah udara Rusia, yang sebelumnya telah dilaluinya.

Banyak maskapai penerbangan telah membatalkan rute ke kota-kota Rusia atau menghindari wilayah udara mereka karena invasi berdarah Moskow ke negara tetangga Ukraina sejak 24 Februari.

Lihat lainnya: Militer Israel Terkejut Melihat Perang Rusia di Ukraina

Rusia, sejak bulan lalu, juga menutup wilayah udaranya untuk penerbangan ke beberapa negara Eropa dan semua penerbangan yang terhubung ke Inggris sebagai pembalasan terhadap larangan serupa yang diberlakukan pada maskapai Moskow.

Cathay saat ini sedang mencari izin penerbangan untuk perjalanan yang akan terbang melintasi Atlantik, Eropa dan Asia Tengah.

“Kami selalu melakukan perutean darurat untuk peristiwa atau skenario penerbangan potensial,” kata maskapai utama Hong Kong dalam sebuah pernyataan kepada AFP.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”