Skip to content

Cek Kesiapan Operasi Pamtas RI-Malaysia Yonarmed-19, Ini Pesan Pangdam XIII/Merdeka

BOLMONG, IGNews.id – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh melakukan pemeriksaan kesiapan Satgas Operasi Keamanan Perbatasan Darat Indonesia-Malaysia Yonarmed 19-105/Tarik. Selain pemeriksaan, ia juga memberikan arahan untuk memotivasi prajuritnya di Lolak, Bolaang Mongondow (Bolmong).

Dalam pengarahannya, Mayjen Tuejeh mengatakan bahwa salah satu kegiatan utama pengamanan perbatasan adalah melakukan patroli di sepanjang perbatasan, sehingga mereka yang berpindah batas negara tidak dapat bertindak.

Patroli juga dilakukan untuk memantau lalu lintas orang dan barang keluar masuk wilayah RI-Malaysia, serta mencegah penyelundupan narkoba dan perlintasan batas ilegal.

“Hati-hati dengan tikus jalanan yang ada di setiap daerah di sepanjang perbatasan. Koordinasikan dengan instansi terkait jika menemukan kegiatan ilegal tersebut,” kata Pangdam, Kamis (31/3/2022).

Pada dasarnya barang keluar masuk kedua negara tetangga yang berbatasan di darat diperbolehkan, tetapi harus resmi yaitu melalui Kantor Bea dan Cukai setempat, sesuai dengan ketentuan yang telah diatur oleh negara.

“Itu bagian dari kedaulatan yang harus dijaga oleh prajurit TNI,” kata Mayjen Tuejeh.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel:

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”