China dan Rusia Bertekad Tingkatkan Hubungan Bilateral

China dan Rusia Bertekad Tingkatkan Hubungan Bilateral

Memuat…

Beijing: China dan Rusia Bertekad Meningkatkan Hubungan Bilateral. FOTO/Reuters

BEIJING – Moskow dan Beijing “lebih bertekad” untuk mengembangkan hubungan bilateral dan meningkatkan kerja sama. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi, Rabu (30/3/2022).

Wang yi membuat pernyataan itu setelah pertemuan di China timur dengan mitranya dari Rusia, Sergei Lavrov. Pertemuan dua negara kuat itu digelar di tengah krisis Ukraina. Wang dan Lavrov berbicara di provinsi Anhui, China timur, tempat China menjadi tuan rumah pertemuan puncak multilateral dua hari di Afghanistan.

Membaca: Diminta oleh NATO untuk tidak mendukung Rusia, China memberikan jawaban yang mengejutkan

“Kedua belah pihak lebih bertekad untuk mengembangkan hubungan bilateral, dan lebih percaya diri dalam memajukan kerja sama di berbagai bidang,” kata Wang, seperti dikutip Reuters.

“China bersedia bekerja sama dengan Rusia untuk membawa hubungan China-Rusia ke tingkat yang lebih tinggi di era baru di bawah bimbingan konsensus yang dicapai oleh para kepala negara,” lanjut Wang.

Kedua

menteri sepakat bahwa Rusia dan China akan terus memperkuat kemitraan strategis mereka dan berbicara tentang urusan global “dengan suara yang bersatu”. Kementerian luar negeri China mengutip Wang yang mengatakan bahwa hubungan bilateral telah “bertahan dalam ujian turbulensi internasional”.

Membaca: NATO menuduh China mendukung Rusia dengan cara ini

Keduanya juga mengutuk apa yang mereka sebut sanksi Barat yang ilegal dan kontraproduktif yang dikenakan pada Moskow atas tindakannya di Ukraina, kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

“Para pihak mencatat sifat kontraproduktif dari sanksi sepihak ilegal yang dikenakan pada Rusia oleh Amerika Serikat dan satelitnya,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

.

Dimiliki oleh Ipadguides
: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”