Skip to content

Diduga melakukan penipuan jual beli tanah hingga Rp 19 miliar, mantan anggota DPRD Sumsel ditahan

PALEMBANG, KOMPAS.com – Mantan anggota DPRD Sumsel (Sumatera Selatan) periode 2009-2014, Sakim Budi Setiawan Homandala (56) ditahan oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Palembang, karena diduga melakukan jual beli tanah. dan penipuan pembelian yang menyebabkan korban berinisial TD menderita kerugian hingga Rp 19, miliar.

Kapolres Palembang Kombes Pol Mochammad Ngajib mengatakan, Sakim sebelumnya sudah diperiksa sebagai terlapor oleh penyidik.

Setelah diperiksa, dia ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan sejak Senin (14/3/2022).

Baca Juga: Polisi Penembak Tewas Saat Tangkap Bandit Masih Misterius, Polda Sumsel Bentuk Tim Khusus

“Tersangka S sudah kami tahan beberapa hari lalu atas dugaan kasus penipuan,” kata Ngajib, Selasa (29/3/2022).

Ngajib menjelaskan, peristiwa itu bermula pada 2021.

Saat itu, Sakim menawarkan kepada TD untuk membeli tanah yang diklaim miliknya di kawasan Bypass Alang-alang Lebar, Desa Karya Baru, Kecamatan Alang-alang Lebar, Kota Palembang.

Namun, setelah dilakukan pembayaran, belakangan diketahui bahwa tanah tersebut bukan milik Sakim, sehingga korban mengalami kerugian hingga Rp 19 miliar.

Baca Juga: Gara-Gara Parkir, Dua Pria Palembang Terlibat Duel Maut, Satu Tewas Di Tempat

“Tanah itu tumpang tindih dan bukan milik tersangka. Bahkan ada tujuh laporan S di Polda Sumsel dengan kasus yang sama,” katanya.

Atas perbuatannya, Sakim diancam dengan pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dan 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman lima tahun penjara.

“Kami masih menahan tersangka dalam pemeriksaan,” jelasnya.

.