Dikunjungi Jokowi, Candi Borobudur Ditutup untuk Wisatawan

MAGELANG, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang rencananya akan menjadi salah satu tujuan kunjungan delegasi negara anggota G20.

Pemantauan Ipadguides.comRombongan Jokowi tiba di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur sekitar pukul 14.00 WIB. Mereka masuk melalui pintu khusus VVIP. Awak media dilarang mendekati dan meliput kegiatan presiden di dalam kompleks Candi Borobudur.

Baca juga: Kisah Anak SD Menangis Ingin Bertemu Jokowi Saat Berkunjung ke Purworejo Tapi Tak Bisa

Dalam kunjungan tersebut, pengelola menutup seluruh kawasan Candi Borobudur untuk wisatawan.

“Kami tutup mulai pukul 12.00 untuk wisatawan, sampai selesai kunjungan Pak Presiden Jokowi,” jelas Direktur Teknik dan Infrastruktur PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Mardijono Nugroho, Rabu (30/3/2022).

Sekitar pukul 15.50 WIB, rombongan orang nomor 1 di Indonesia itu terlihat meninggalkan Candi Borobudur. Saat mobil yang ditumpanginya melintasi kerumunan warga, Jokowi sempat melempar kaos dari jendela mobil.

Warga antusias mengambil beberapa kaos tersebut, sambil menyebut nama Jokowi. Salah satunya, Sutrisno (30), seorang pedagang gorengan yang berada di dekat gerbang masuk kompleks Candi Borobudur.

“Senang

banget ketemu Pak Jokowi. Nggak nyangka kalau tadi malam wong nggak tahu mau ke sini. Dapat baju ini ukuran L,” kata Sutrisno.

Baju yang didapatnya dari Jokowi berwarna hitam dengan tulisan Jokowi di atasnya. Sedangkan pada bagian belakang atas terdapat tulisan G20 Indonesia 2022.

Sebelum mengunjungi Candi Borobudur, Jokowi mengunjungi pasar tradisional di Kabupaten Purworejo dan Pasar Babrik, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang.

Jokowi juga berkesempatan mengunjungi SMK Syubbanul Wathon, kompleks Pesantren API Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

Baca juga: Jokowi: Saya Sudah Sering Mendengar Teriakan Jabatan 3 Jabatan

Dapatkan

pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.