Diminta Mundur Sebagai Ketua MK Karena Akan Menjadi Kakak Ipar Jokowi, Anwar Usman: Tunggu Tanggal Mainnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menanggapi desakan sejumlah pihak yang memintanya mundur dari jabatannya saat ini.

Pasalnya, Anwar akan menikah dengan adik laki-laki Presiden Joko Widodo pada Mei mendatang. Kondisi ini dikhawatirkan banyak pihak akan menimbulkan konflik kepentingan.

Kita tunggu saja tanggal pertandingannya, kata Anwar usai menghadiri pelantikan Pengurus Pusat Persatuan Alumni Pergerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP PA GMNI) 2021-2026 di Hotel Sultan, Sabtu (26/3/2022). ).

Baca Juga: Mahfud Ucapkan Selamat kepada Ketua MK yang Akan Menikahi Adik Jokowi, Penonton Tepuk Tangan

Saat ditanya soal pernikahannya, Anwar menjawab sudah kehendak Tuhan.

“Seperti ini, semua kembali kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Seperti diketahui, Anwar Usman segera menjadi saudara ipar Presiden Jokowi.

Ia akan menikah dengan adik laki-laki Jokowi, Idayati, pada 26 Mei 2022 di Solo, Jawa Tengah.

Anwar melamar Idayati pada Sabtu (12/3/2022), bertepatan dengan kepulangan Jokowi ke Solo, untuk menyaksikan pernikahan keponakannya.

Baca juga: Ketua MK Bakal Adik Ipar Jokowi, Mahfud MD: Bukan Benturan Kepentingan dengan Jabatan

Terkait

rencana ini, sejumlah pihak meminta Anwar mundur dari jabatannya sebagai ketua MK untuk menghindari konflik kepentingan.

“Konflik kepentingan akan muncul karena dalam setiap judicial review karena presiden adalah salah satu pihak. Konflik ini harus dihindari oleh ketua MK agar lembaga peradilan tetap bermartabat,” kata Direktur Pusat Studi Tata Negara (Pusako) Universitas Andalas, Feri Amsari, kepada Ipadguides.comSelasa (22/3/2022).

Anwar Usman adalah hakim yang menjabat sebagai ketua MK ke-6. Jabatan tersebut dijabatnya sejak 2 April 2018.

Sebelumnya, pria kelahiran Bima, Nusa Tenggara Barat, 31 Desember 1956 ini menjabat sebagai wakil ketua MK.

Dapatkan

pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.