Skip to content

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Akan Beri Sanksi Bagi Perusahaan Lain yang Mencemari Marunda

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta akan memberikan sanksi kepada perusahaan lain yang mencemari kawasan Marunda, Jakarta Utara.

Humas Badan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan pencemaran diduga dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang bongkar muat batu bara dan pasir, selain PT Karya Citra Nusantara (KCN).

“Sanksi juga akan kami berikan,” kata Yogi kepada wartawan, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Dinas Lingkungan Hidup DKI Temukan Perusahaan Lain Pencemarkan Pencemaran di Marunda

Namun, Yogi tidak menyebut perusahaan mana saja yang mencemari lingkungan di Marunda.

Semua itu, kata dia, akan terbuka ketika Badan Lingkungan Hidup secara resmi menjatuhkan sanksi kepada perusahaan tersebut.

“Karena sanksinya belum diatur, tapi kalau sanksi sudah diberikan, pasti kita akan diekspos,” ujarnya.

“Tapi kami tidak hanya memantau KCN, perusahaan lain di sekitar Sungai Blencong yang mungkin bongkar muat batu bara, barang curah lainnya, kami juga memantaunya,” katanya.

Baca juga: Lingkungan Pencemaran, Warga Sarankan Pemprov DKI untuk Moratorium Kegiatan Bongkar Muat di Pelabuhan Marunda

Sebelumnya, Badan Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah menjatuhkan sanksi kepada PT KCN atas pencemaran lingkungan akibat abu batubara di Marunda, Jakarta Utara.

Sanksi tersebut diterima KCN karena aktivitas perusahaan tersebut berdampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat Marunda.

Warga di Rusun Marunda mengalami gangguan kesehatan, seperti gatal-gatal dan ISPA karena terkena abu batubara.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.