Dubes Vasyl Hamianin Apresiasi Dukungan Indonesia untuk Ukraina

Dubes Vasyl Hamianin Apresiasi Dukungan Indonesia untuk Ukraina

Memuat…

Duta Besar Republik Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas dukungan pemerintah dan masyarakat Indonesia terhadap Ukraina. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Duta Besar Republik Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dukungan pemerintah dan masyarakat Indonesia terhadap Ukraina yang dalam kesulitan karena invasi Rusia.

Hingga saat ini, Ukraina masih terbuka untuk menerima bantuan lebih lanjut di bidang kemanusiaan, karena merebaknya masalah kemanusiaan seiring dengan agresi Rusia yang sedang berlangsung.

Hal itu disampaikan Dubes Ukraina saat bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar. Hamianin menyampaikan terima kasih atas kontribusi Indonesia dalam mendukung dan mengadopsi rancangan resolusi Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKSAP) yang berjudul “Peran Parlemen dalam mendukung resolusi damai untuk Konflik Rusia-Ukraina”.

Lihat lainnya: Dubes Ukraina: Kita Sekuat Indonesia Lawan Penjajah

Draf

tersebut menyerukan solidaritas parlemen dari negara-negara anggota Inter-Parliamentary Union (IPU) yang pekan lalu menggelar sidang ke-144 di Nusa Dua, Bali. Dalam usulan resolusi tersebut, BKSAP yang merupakan salah satu organ DPR mengusulkan partisipasi parlemen dunia (IPU) untuk mencari solusi damai dalam menangani konflik Rusia-Ukraina yang telah mengancam perdamaian, demokrasi dan hak asasi manusia.

Lihat lainnya: Bertemu Dubes Rusia dan Ukraina, DPR Ingin Jembatani Perdamaian

Usulan Indonesia tersebut, menurut Dubes Hamianin, berpengaruh signifikan terhadap terbitnya resolusi IPU tentang “Resolusi Damai Perang di Ukraina dalam Menghormati Hukum Internasional, Piagam PBB dan Pelestarian Integritas Teritorial”, yang kemudian diadopsi oleh Sidang IPU ke-144 pada hari Rabu, 23 Maret 2022.

Dalam

pertemuan tersebut, Hamianin juga menyampaikan dukungan signifikan dari rakyat Ukraina dan solidaritas masyarakat internasional, yang tercermin dalam keputusan Mahkamah Internasional PBB pada 16 Maret 2022. Selain membahas kondisi Ukraina saat ini, Keduanya juga membahas peluang bagi Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam proses perdamaian dan bantuan kemanusiaan. kepada orang-orang Ukraina.

Indonesia dalam hal ini DPR RI menyambut baik kesempatan tersebut karena sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia khususnya pada alinea keempat Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi, “…dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian, dan keadilan sosial…”

(keripik)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”