Skip to content

Gasak 9 unit motor, aksi 3 pemuda di Kota Bitung akhirnya terhenti di tangan polisi

Gasak 9 unit motor, aksi 3 pemuda di Kota Bitung akhirnya terhenti di tangan polisi

Memuat…

Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang dilakukan tiga pemuda, MFA alias Ajin (21), IA alias Cupet (20) dan AD alias Charlie (21) akhirnya berhenti di tangan Tim Resmob Polres Maesa, Kota Bitung. Foto-foto dari SINDOnews

BITUNG – Pencurian kendaraan bermotor pencurian ) yang dilakukan tiga pemuda, MFA alias Ajin (21), IA alias Cupet (20) dan AD alias Charlie (21) akhirnya terhenti di tangan Tim Resmob Polres Maesa, Kota Bitung. Sebelum ditangkap, ketiga pemuda tersebut berhasil menjinakkan sembilan sepeda motor di wilayah hukum Polres Bitung.

Ajin dan Cupet beraksi bersama, sementara Charlie beraksi sendiri. Mereka bertiga bukan geng. “Ajin dan Cupet beraksi di empat TKP atau TKP dan berhasil membawa pulang tujuh motor curian. Sementara itu, Charlie melancarkan aksi di dua TKP dan mencuri dua unit sepeda motor Kapolres Bitung, AKBP Alam Kusuma Irawan didampingi Kapolres Maesa, Kompol Dewa Ayu Cempaka dalam jumpa pers di Maesa Polres, Kamis (30/3/2022).

Adapun modus yang dilakukan ketiga pemuda tersebut, kata Alam, selain sudah direncanakan sebelum melancarkan aksi, juga memanfaatkan kelalaian pemilik kendaraan, seperti lupa melepas kunci motor. Lihat lainnya: Malu! Tertangkap Curi Motor, Pria di Badung Bali Dihajar Massa

Menariknya, ketiga pemuda ini lebih memilih motor keluaran 2015 dengan alasan pada umumnya motor yang sudah cukup tua, kunci kontak bisa pakai semua jenis kunci tanpa perlu kunci khusus atau T. menggunakan kunci kontak asli,” ungkapnya. dikatakan.

Alam juga meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dengan kasus pencurian dan meningkatkan pengawasan saat parkir agar tidak menjadi korban. “Banyak yang seperti ini. Karena pemilik sepeda motor lalai, mereka harus menjadi korban. Dan sebenarnya bukan hanya pencurian, kasus lain pun demikian. Jadi harus diingat, kejahatan itu terjadi bukan hanya karena ada pelakunya, tapi juga karena ada peluang,” ujarnya.

Kapolres Maesa menambahkan, sembilan sepeda motor hasil curian ketiga pemuda tersebut sudah berpindah tangan alias langsung dijual dengan harga Rp. 1 sampai 2 juta. “Sembilan motor ini sudah laku di Tomohon dan kawasan Bolmong. Jadi, semua barang bukti yang berhasil kita sita berada di luar wilayah Kota Bitung dan ada indikasi ada kasus lain,” kata Dewa. Lihat Lainnya: Percaya Diri Punya Ilmu Bela Diri dan Jimat, Pencuri Motor di Surabaya Berduel dengan Polisi

Ketiga pemuda tersebut, lanjut Dewa, dijerat dengan Pasal 362 KUHP dan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman antara lima sampai tujuh tahun. “Kami menghimbau kepada masyarakat yang merasa kehilangan sepeda motor untuk datang melapor, karena kuat dugaan masih banyak pemilik kendaraan yang menjadi korban,” ujarnya.

(mengenakan)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”