Skip to content

Gibran Rakabuming Solo Ekonomi Klaim Naik 5,75 Persen Selama Kepemimpinannya

SOLO, KOMPAS.com – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku selama kepemimpinannya sekitar satu tahun terakhir, perekonomian meningkat 5,75 persen.

Girban mengatakan, pencapaian tersebut tak lepas dari pengendalian pandemi Covid-19 yang berdampak pada pemulihan ekonomi di Kota Solo.

Ia dilantik sementara sebagai Walikota Solo di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solo, Jumat (26/2/2021) lalu.

Baca juga: Gibran dan Bobby Nasution Bertemu Ganjar di Semarang, Ada Apa?

Berdasarkan data Bidang Pembangunan dan Ekonomi Sekretariat Kota Surakarta, rata-rata pertumbuhan ekonomi 2010 hingga 2019 mencapai 4,94 persen.

Persentase ini mengalami penurunan pada tahun 2020 dengan pencapaian minus 1,74 persen.

“Pertama saya duduk di sini (sebagai Walikota Solo) minus 1,74. Saat ini pertumbuhannya sudah mencapai 4,01 persen. Sudah membaik, inflasi juga terjaga,” jelas Gibran, kepada Ipadguides.comsaat di Loji Gandrung, Selasa (29/3/2022).

Gibran menjelaskan, kenaikan sebesar 5,75 persen itu sejalan dengan proyeksi Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang sebelumnya memprediksi pertumbuhan sepanjang 2021 lalu mencapai 5,7 persen.

Sementara itu, dibandingkan pertumbuhan ekonomi sebelum pandemi, capaian saat ini lebih mendekati persentase pertumbuhan ekonomi 2019 sebesar 5,78 persen.

“Alasannya karena banyak hal. Acara kembali berjalan, mall ramai, okupansi hotel meningkat, jalanan ramai lagi. Itu beberapa indikatornya,” jelas Gibran.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Industri (Diskop UKM dan Perin) Kota Solo, Wahyu Kristina mengatakan, membaiknya situasi di masa pandemi Covid-19 berdampak pada pertumbuhan UKM/industri kecil dan menengah (UKM). IKM).

Berdasarkan data Pemkot Solo pada tahun 2020, jumlah UMK/IKM saat itu mencapai 10.000 unit.

Jumlah ini meningkat pada tahun 2021 dengan rekor 20.000 unit saat itu. Kemudian pada 2022, ada 55.000 UKM/IKM yang menunggu untuk diverifikasi berdasarkan database pemerintah pusat sebagai penerima bantuan selama pandemi terakhir.

“Ini potensi yang sangat besar, bisa menjadi ibu kota Kota Solo untuk meningkatkan UKM/IKM,” jelasnya.

Baca Juga: Hadiri Sejumlah Agenda di Semarang, Gibran dan Bobby Nasution Sempat Mampir ke Kantor Ganjar

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.