Gubernur Banten Resmikan Jembatan Terluas di Indonesia, Bernama Aria Wangsakara

SERANG, KOMPAS.com – Gubernur Banten Wahidin Halim meresmikan jembatan Aria Wangsakara di Jalan Syeh Nawawi Al-Bantani, Desa Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang. Selasa (29/3/2022) malam.

Jembatan yang memiliki panjang 90 meter dan lebar 33,8 meter ini dinobatkan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai jembatan terluas di Indonesia.

“Hari ini saya meresmikan jembatan yang kita sebut Aria Wangsakara. Saya anggap (jembatan) ini cukup megah, lebar dan panjang,” kata Wahidin Halim.

Baca juga: Jembatan Ngaglik 1 Lamongan Rusak dan Ambles, Polisi: Tidak Ada Korban jiwa

Wahidin menjelaskan, pembangunan jembatan Aria Wangsakara dilakukan karena kondisi jembatan sebelumnya sudah rusak dan menjadi titik kemacetan.

Mantan Wali Kota Tangerang itu pun mengaku senang dan bahagia karena jembatan Aria Wangsakara merupakan jembatan terluas di Indonesia.

“Keren dan luar biasa (menjadi jembatan terluas). Kepala Dinas Besar (PUPR) yang hebat bisa menyelesaikannya, dulu gagal,” kata Wahidin.

Wahidin mengatakan, jembatan lama atau jembatan Bogeg tidak dibongkar. Namun, telah direvitalisasi atau disulap menjadi spot foto masyarakat.

Wahidin

juga meminta agar jembatan yang menghabiskan anggaran Rp. 165 Milyar, bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

“Dipelihara, dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan semoga bermanfaat bagi masyarakat Banten,” kata Wahidin.

Sekilas tentang jembatan Aria Wangsakara

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten Arlan Marzan mengatakan, jembatan Aria Wangsakara memiliki panjang 90 meter dan lebar 33,8 meter. Jembatan ini merupakan akses menuju Pandeglang, Anyer, dan Lebak.

.