Halte Bus dan Jalur Pejalan Kaki Akan Dibangun di Area Pasar Turi Surabaya

SURABAYA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur akan membangun halte dan jalur pejalan kaki di kawasan Pasar Turi.

Saat ini, Dinas Sumber Daya Air dan Tol Kota Surabaya mulai membersihkan sisi selatan dan mengaspal jalan di sisi timur pasar setelah pembongkaran Tempat Penampungan Sementara (TPS) selesai pada 23 Maret.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DSDABM Adi Gunita mengatakan sisi timur dan selatan gedung Pasar Turi Baru akan diaspal setelah pembersihan selesai.

Namun untuk sisi selatan akan dibangun saluran terlebih dahulu.

Baca juga: TPS Pasar Turi Dihancurkan, Lahan Bekas Dibangun Jalan dan Kanal

“Jadi nanti (sisi selatan) akan dibangun oleh teman-teman Pasar Turi Baru. Oleh karena itu, untuk saat ini kami sedang membersihkannya, karena jika sekarang diaspal tidak akan ada gunanya, itu akan sia-sia untuk membongkar lagi (aspal). ),” kata Adi di Surabaya, Selasa. (29/3/2022).

Begitu juga jalan di sisi timur Pasar Turi Baru, bekas lokasi blok bangunan TPS Pasar Turi A dan B, juga dibersihkan.

Sedangkan

pengaspalan Jalan Pasar Turi telah dilakukan oleh Divisi Jalan dan Jembatan DSDABM.

Usai pengaspalan jalan, Adi menjelaskan, DSADBM Kota Surabaya berencana menata estetika eks TPS Pasar Turi dan menambah beberapa fasilitas umum seperti trotoar dan halte.

“Bagi yang berada di sekitar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) akan kita bersihkan dan rapikan, sambil merencanakan tempat parkir, pejalan kaki, trotoar dan halte. Nanti akan ada halte, posisinya di depan Pasar Turi. Baru,” jelas Adi.

Baca juga: Kisah Saudagar yang Mulai Menempati Pasar Turi Setelah 15 Tahun Absen Karena Kebakaran

Rencananya, lanjut Adi, Jalan Pasar Turi dibagi menjadi dua lajur.

(ads.native_banner) -->

.