Ingin Memulai Wirausaha? Intip 6 Rekomendasi Bisnis Rumahan dan Tips Hindari Kerugian Ini

JAKARTA, IGNews.id – Saat ini, banyak peluang usaha kecil yang mendatangkan keuntungan besar. Artinya, dengan mengeluarkan modal yang relatif kecil namun keuntungan yang bisa dihasilkan cukup menjanjikan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, simak berbagai rekomendasi bisnis rumahan berikut tips menghindari kerugian saat menjalankannya di bawah ini.

Rekomendasi Bisnis Rumah Kecil

1. Minuman kopi kontemporer

Menjual kopi kekinian bisa menjadi usaha kecil-kecilan dengan omzet yang menjanjikan. Kopi modern sering dicari sebagai penyemangat bagi orang-orang yang bekerja dari rumah.

Untuk membuat kopi modern, Anda perlu membeli kopi hitam instan tanpa pemanis, susu, dan berbagai sirup untuk menambah rasa pada kopi. Dengan begitu, biaya produksi yang dikeluarkan bisa lebih rendah dibandingkan jika menggunakan kopi yang digiling langsung dari bijinya.

2. Kredit kios dan pembayaran lainnya

Pemilik kios memperoleh penghasilan melalui kredit nominal dan transaksi pembayaran yang dilakukan melalui kios. Meski saat ini internet sudah bisa diakses melalui koneksi Wi-Fi, nyatanya pulsa tetap dibutuhkan agar kartu seluler tetap aktif.

Agar

penghasilan Anda terus meningkat, sertakan juga bahwa kios Anda melayani pembayaran tagihan listrik, internet, PBB, dan pembayaran lainnya. Kios rumahan akan sering menjadi pilihan masyarakat karena tidak perlu jauh-jauh ke kantor tempat pembayaran dilakukan.

3. Hambatan dan penawaran bisnis

Sejak pandemi, banyak orang yang melakukan usaha kecil-kecilan dengan membuat parsel sebagai tanda kasih sayang akibat pembatasan pergi kesana kemari akibat pandemi Covid-19. Ada banyak jenis hampers yang disukai, mulai dari oleh-oleh hingga makanan lezat.

Jika ingin mengembangkan variasi, Anda bisa mencoba menjual aplikasi atau jasa presentasi pernikahan, lho. Sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis ini bisa lebih besar, mengingat sesajen merupakan salah satu unsur yang harus diberikan pada acara sakral ini.

4.
Jual minuman menyegarkan

Minuman menyegarkan seperti jus, thai tea, boba, dan jenis minuman lainnya juga masih banyak diminati masyarakat. Sayangnya, minuman ini banyak dijumpai di mall dengan harga yang kurang terjangkau.

Artinya, dengan membuka warung minuman kekinian sebagai usaha kecil-kecilan di rumah, Anda bisa menarik tetangga di sekitar rumah untuk menjadi pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa menjual minuman dengan harga yang lebih terjangkau karena tidak perlu menyewa tempat dengan biaya sewa yang tinggi.

5. Menjadi dropshipper atau reseller

Dropship adalah sistem penjualan barang, dimana penjual hanya bertugas meneruskan pesanan pembeli ke supplier. Sistem ini cocok bagi Anda yang memiliki modal terbatas.

Sedangkan sebagai reseller, sudah menjadi kewajiban Anda untuk memiliki stok dari supplier untuk kemudian dijual kembali. Jadi, sistem ini cocok untuk Anda yang sudah memiliki modal yang cukup untuk melakukan pembelian dan menjamin keamanan stok barang dagangan.

Kedua sistem penjualan ini bisa mendatangkan keuntungan melimpah dari rumah lho!

6. Catering masakan rumah atau snack

Catering masakan rumahan bisa menjadi rekomendasi usaha kecil-kecilan yang patut dicoba. Dengan menyediakan catering makanan rumahan, Anda bisa menjangkau penghuni kos yang tidak memiliki dapur, namun tetap menginginkan makanan yang murah dan enak.

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan bisnis dengan menjual makanan ringan untuk berbagai acara. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan bisnis katering di rumah.

Redaktur : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”