Skip to content

Ini Harapan UKM untuk BRILianpreneur

JAKARTA, IGNews.id UMKM merupakan salah satu tonggak penting dalam pembangunan Indonesia. Sektor ini juga dinilai memiliki peran vital dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Data Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta. Kontribusinya terhadap PDB mencapai 61,97 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun pada tahun 2021.

Tak hanya itu, kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja. Sektor ini mampu menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi.

Besarnya peran UMKM mendorong Bank BRI untuk terus berupaya memajukan sektor tersebut. Berbagai program diluncurkan. Salah satunya adalah BRILianpreneur.

Sejak 2019, ajang ini menjadi pameran industri kreatif yang unik, menghadirkan berbagai produk UMKM terbaik Indonesia melalui berbagai instalasi seni yang menarik. BRI juga terus mendorong pelaku UMKM untuk menjadi digital alias bertransformasi menjadi bisnis digital. Dengan begitu, mereka diharapkan mampu bangkit dan bertahan di tengah situasi sulit pandemi Covid-19.

Tahun lalu, BRI akan menghadirkan lebih dari 500 UMKM terpilih kepada BRILianpreneur. Mereka berasal dari 126 kabupaten dari 25 provinsi yang terbentang dari Aceh hingga Papua.

Lantas bagaimana tanggapan peserta terhadap acara tahunan tersebut?

Direktur PT BeeMa Boga Arta, Fransisca Natalia Widowati mengatakan, perusahaan madu organik yang didirikannya beberapa tahun lalu ini telah dua kali mengikuti BRILianpreneur, yakni pada 2020 dan 2021. Menurutnya, program tersebut banyak membantu dalam mempromosikan bisnisnya, terutama kepada pasar luar negeri.

“Semoga acara BRILianpreneur dapat terus berjalan dan memperbanyak program-program untuk membantu UMKM Indonesia semakin maju dan semakin mampu menembus pasar global,” ujarnya. IGNews.idbaru-baru ini.

Redaktur : Ahmad Islamy Jamil

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”