Inilah cara mudah mengajari anak berpuasa di bulan Ramadhan

Inilah cara mudah mengajari anak berpuasa di bulan Ramadhan

Memuat…

Cara mengajarkan anak berpuasa di bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan mudah. Menurut psikolog Miftahul Hayati, tidak salah mengajarkan anak berpuasa sejak dini. Komunitas Foto/Klik

JAKARTA – Metode ajari anak berpuasa di bulan Ramadan dapat dilakukan dengan mudah. Menurut psikolog Miftahul Hayati, M.Psi, mengajar tidak ada salahnya anak puasa jadi bisa terbiasa cepat perlahan sejak dini.

Selain itu, anak juga perlu diajari untuk mencintai bulan Ramadhan. Dengan begitu, mereka bisa merasa senang menjalankan aktivitas di bulan Ramadhan, seperti buka puasa, sahur, dan salat tarawih.

Berikut cara mudah mengajari anak berpuasa di bulan Ramadhan seperti dikutip dari YouTube Halo Awal Bros, Rabu (30/3/2022).

Lihat lainnya: Menu Sahur dan Buka Puasa Bagi Penderita Diabetes

1. Berikan Contoh

Anak-anak biasanya selalu mengikuti kebiasaan orang tuanya. Oleh karena itu, berikan contoh kegiatan apa saja yang dilakukan selama bulan Ramadhan, mulai dari sahur, puasa, ibadah, hingga berbuka puasa. Anda juga bisa melibatkan si kecil dalam menyiapkan makanan untuk sahur dan buka puasa.

Tanyakan

kepada anak Anda makanan apa yang ingin mereka makan untuk sahur dan buka puasa. Dengan begitu, mereka akan lebih semangat dalam berpuasa

2. Berikan penjelasan

Anak kecil masih belum tahu banyak hal. Sambil memberi contoh, jelaskan kepada si kecil arti puasa, manfaat, hikmah, dan hal-hal yang dianjurkan selama berpuasa. Selain itu, jelaskan juga beberapa tradisi selama bulan Ramadhan.

Mulai

dari ngabuburit, tarawih, sahur, tadarus, bersedekah, zakat fitrah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda dapat melibatkan anak Anda dalam diskusi dan bercerita tentang kapan Anda mulai berpuasa. Buatlah suasana menjadi menyenangkan dan menghibur, sehingga anak-anak antusias dan siap untuk mencoba puasa.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”