Inspirasi Model Kebaya Muslim Modern untuk Segala Kegiatan

Kebaya adalah pakaian khas Jawa yang bisa dikenakan untuk berbagai macam kegiatan, mulai dari yang santai sampai yang formal sekalipun. Sebagai seorang muslimah, kamu pun ternyata juga bisa mengenakan model kebaya muslim modern untuk acara apapun. Ingin tahu inspirasinya, cek artikel ini sekarang, ya!

Jika ingin mencari model kebaya muslim modern, sekarang kamu berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas tentang inspirasi model kebaya jilbab modern dan juga cara memilih kebaya untuk para muslimah.

Kebaya memang menjadi tren fashion di kalangan wanita baik dari perempuan muda hingga dewasa. Kini, para wanita tidak malu lagi menggunakan kebaya karena image yang kuno dan old fashion sudah tidak berlaku lagi. Apalagi untuk kamu yang berjilbab, sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi.

Sekarang ini ada banyak sekali model kebaya muslim modern yang beredar di pasaran. Tentunya kamu harus memilah dengan baik model kebaya muslim modern mana yang cocok untuk kamu gunakan.

Karena tentunya, ada beberapa jenis kebaya yang lebih cocok dikenakan untuk acara formal, ada juga yang lebih cocok dikenakan untuk acara informal. Nggak lucu, kan, kalau kamu jadi salah kostum?

Sudah nggak sabar kan model kebaya muslim modern yang bisa kamu jadikan inspirasi? Cek artikel di bawah ini sekarang, yuk!

Cara Memilih untuk Para Muslimah

data-id="8">Model Kebaya Muslim Modern - Kebaya Dijual

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai model kebaya muslim modern, ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan sebelum memilih kebaya. Karena tentunya nggak lucu kan kalau kamu berniat terlihat cantik dalam balutan pakaian tradisional, tapi justru terlihat tidak cocok dengan jilbab yang kamu kenakan.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan sebelum mulai memilih model kebaya muslim modern yang ingin kamu kenakan. Perhatikan dengan baik karena siapa tahu bisa menjadi inpirasi untukmu dalam berbusana.

data-id="11">Baca juga: Cara Perawatan Wajah Alami Sehari-Hari untuk Mendapatkan Kulit yang Cantik dan Mulus

1. Kenali Bentuk Tubuhmu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memilih pakaian asli Indonesia yaitu kenali terlebih dahulu bentuk tubuhmu. Apakah kamu memiliki tubuh yang kurus, berisi, atau sedang-sedang saja.

data-id="14">Memangnya apa sih pentingnya mengenali bentuk tubuhmu sendiri? Ini sangat penting karena bentuk tubuhmu akan menentukan model kebaya muslim modern yang cocok untuk kamu gunakan.

Contohnya adalah bagi kamu yang memiliki tubuh sedikit lebih berisi, sebaiknya hindari model yang peplum. Hal ini disebabkan karena akan membuat tubuhmu semakin terlihat lebih besar.

Sementara mereka yang bertubuh kurus lebih baik menghindari model yang terlalu ketat dan memeluk tubuh. Karena model kebaya muslim modern yang seperti itu hanya akan membuat tubuhmu terlihat semakin kurus.

2. Pilihlah Warna yang Tepat

Model Kebaya Muslim Modern - 3 Wanita Berkebaya

Pemilihan warna yang tepat sangat mempengaruhi penampilanmu. Untuk kamu para wanita muslimah, hindarilah pemakaian pakaian tradisional ini dengan warna yang mencolok agar tidak terlalu menjadi pusat perhatian.

Tips memilih warna yang tepat pun bisa disesuaikan dengan warna kulitmu. Untuk kamu yang berkulit putih, sebaiknya pilih model kebaya muslim modern yang berwarna pastel, hitam, cokelat, dan marun.

data-id="21">Sementara kamu yang berkulit sawo matang sebaiknya gunakan warna kuning atau biru pastel. Bisa juga menggunakan warna putih gading yang cocok digunakan untuk segala jenis warna kulit.

3. Tentukan Model yang Sesuai

Setelah mengetahui bentuk tubuhmu dan tahu warna yang cocok untuk kulitmu, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah model kebaya muslim modern yang sesuai. Karena kalau kamu sudah mendapatkan model yang kamu sukai, pasti kamu akan lebih percaya diri ketika mengenakannya.

4. Hindari Kebaya yang Terlalu Ketat

Bagi para muslimah, akan lebih baik menghindari model yang terlalu ketat dan membentuk tubuh. Karena hal itu justru akan menunjukkan auratmu dan menjadi terlalu menarik perhatian.

Pada dasarnya, ada beberapa model kebaya muslim modern yang tidak ketat dan tidak membentuk lekuk tubuh. Bahkan, kamu tetap bisa tampil cantik dan anggun dalam balutan kebaya yang islami.

5. Hindari Kebaya yang Terawang

Model Kebaya Muslim Modern - Deretan Kebaya

data-id="29">Pada dasarnya, pakaian tradisional Indonesia ini identik dengan pakaian yang menerawang. Tapi sebagai seorang muslimah, tentunya kamu harus menghindari hal itu, kan?

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan kaos manset atau dalaman khusus yang dibuat untuk digunakan dengan kebaya. Atau pilihan lain, gunakan model yang sudah diberi dalaman sehingga tidak akan menerawang lagi.

Inspirasi Model Kebaya Muslim Modern

Jika ingin menggunakan kebaya modern, ada beberapa model kebaya muslim modern yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi. Namun, tetap saja kamu harus memperhatikan beberapa hal di atas sebelum memilih model yang ingin kamu kenakan.

Karena nggak lucu kan kalau model yang kamu kenakan ternyata nggak cocok dengan bentuk tubuhmu. Apalagi kalau percaya dirimu jadi menghilang gara-gara pakaian yang kamu kenakan nggak cocok.

1. Model Top Organza

Model Kebaya Muslim Modern - Kebaya Top Organza Sumber: Instagram – nia_choiriyah

Kebaya modern hijab berupa atasan dengan bahan organza sudah mulai banyak digemari oleh kaum hawa. Bahannya yang agak kaku dan licin ini menjadikan model kebaya muslim modern yang satu ini menjadi terlihat sangat elegan saat dipadupadankan dengan kain batikmu.

Dengan adanya tambahan embellishment atau hiasan yang simple di bagian dada bisa turut serta menjadikan tunik organza ini terlihat lebih cantik. Ketika kamu menggunakan atasan ini, kamu nggak perlu menggunakan aksesoris yang berlebihan, karena atasan organza ini sudah cukup cantik dengan tambahan embellishment. Jadi nggak perlu lagi memakai aksesoris tambahan seperti kalung atau gelang.

Penggunaan paduan hijabnya pun cukup gunakan yang sederhana seperti jilbab segitiga atau pashminas polos. Lalu jangan lupa ditambah clutch yang polos untuk mempercantik penampilanmu.

2. Model Kutubaru

Model Kebaya Muslim Modern - Kebaya Kutubaru Sumber: Instagram – juliaamaliyah

Ini dia model kebaya muslim modern yang sempat hilang ditelan zaman dan kembali menjadi primadona. Siapa sih yang tidak tahu model kutubaru? Jenis pakaian tradisional yang satu ini banyak dikenakan sejak zaman nenek buyutmu masih muda dan bahkan mungkin masih dikenakan hingga sekarang.

Namun, image kutubaru ini sudah bukan lagi pakaian nenek-nenek atau jadul lagi. Bahkan, banyak yang menjadikan kutubaru menjadi trend busana para pendamping mempelai wanita atau yang biasa disebut bridesmaid.

Model kutubaru ini bisa digunakan saat menghadiri acara pernikaan ataupun acara resmi seperti upacara peringatan Hari Kartini. Jadi, kamu nggak perlu lagi merasa malu untuk mengenakan pakaian model ini!

3. Model Dress Tile Brokat

Model Kebaya Muslim Modern - Kebaya Dress Tile Brokat Sumber: Instagram – sabrinabinyahya

Perpaduan brokat dengan kain satin dan tile akan menjadi sangat cantik ketika dikenakan ke acara wisuda atau pesta. Dress tile brokat ini sangat cocok digunakan bagi perempuan yang ingin tampil simple tetapi masih terlihat elegan.

Pemilihan warna yang tepat juga bisa membantu dalam menentukan jenis penampilanmu. Untuk acara malam, sebaiknya kamu menggunakan model kebaya muslim modern dengan warna-warna bold seperti hitam, marun, navy, atau abu-abu. Sedangkan ketika acara siang sebaiknya menggunakan warna yang soft seperti warna-warna pastel, pink muda, cream ivory, ungu muda, biru muda, atau putih.

Untuk menjadikan penampilanmu semakin cantik, kamu bisa menambahkan aksesoris yang simple seperti kalung atau gelang. Kemudian tambahkan handbag dan sepatu high heels yang memiliki warna senada untuk menunjang penampilanmu.

4. Model Dress Peplum

Model Kebaya Muslim Modern - Kebaya Peplum Sumber: Instagram – putrirzkiananda

Mungkin kamu selama ini mengenali peplum dress sebagai dress yang sering digunakan ke acara formal bagi para wanita yang tidak berjilbab. Namun ternyata kini dress jenis ini bisa juga digunakan para muslimah sebagai model baju kebaya modern berjilbab cantik dan modis.

Peplum dress kini menjadi salah satu jenis favorit para penikmat fashion. Biasanya, model kebaya muslim modern yang satu ini digunakan untuk menghadiri acara-acara formal ataupun pesta pernikahan.

Kamu bisa memadupadankannya dengan bawahan kain batik biasa, dress biasa ataupun kain songket. Dengan menggunakan jilbab segitiga atau pasmina yang simple akan membuat penampilanmu semakin cantik, anggun, dan menawan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami demi Rambut yang Indah dan Bebas Ketombe

5. Model Lace Cape Dress

Model Kebaya Muslim Modern - Kebaya Lace Cape Dress Sumber: Instagram – mellarisya

Model lace cape dress ini cocok sekali menjadi salah satu referensi bagi para muslimah yang ingin tetap memakai kebaya tapi tidak mau bentuk tubuhnya terekspos. Penggunaan lace cape pada bagian atas dress tidak hanya bisa menutupi bentuk tebuh tapi juga dapat membuat penampilan menjadi lebih elegan.

Hal ini menjadikan model baju kebaya modern ini menjadi sangat booming di kalangan para wanita. Bahkan, menjadi salah satu referensi terbaik model kebaya pesta modern berjilbab.

Untuk pemilihan warna, akan menjadi lebih baik kalau kamu memilih warna yang soft seperti dusty pinkcream, cokelat susu, atau putih gading. Sehingga akan menjadikan penampilanmu akan terlihat semakin cantik dan anggun ketika menggunakan dress ini ke pesta.

6. Model Setelan Simple

Model Kebaya Muslim Modern - Kebaya Setelan Simple Sumber: Instagram – darachita

Model kebaya modern simple ini biasanya sangat sederhana hingga tidak memerlukan tambahan embellishment atau manik-manik dan payet. Namun, kebaya ini tetap bisa terlihat cukup cantik dan anggun saat digunakan.

Pakaian tipe ini akan cocok sekali bagi kamu yang nggak suka sama hal-hal yang rumit. Karena yang perlu kamu perhatikan hanyalah pemilihan warna yang tepat untuk mempengaruhi penampilanmu.

Untuk bawahannya, kamu bisa padu padankan dengan kain batik atau kain satin polos yang memiliki warna sepadan dengan model yang kamu kenakan. Kemudian kenakan jilbab yang simple tanpa perlu aksesoris tambahan hingga membuat penampilanmu semakin terlihat cantik dan menawan.

Pakaian tradisional jenis seperti ini fleksibel sekali untuk kamu kenakan dalam banyak situasi baik formal atau nonformal. Bahkan, biasanya model simple seperti ini sangat cocok dipakai saat acara wisuda.

7. Model Gamis

Model Kebaya Muslim Modern - Kebaya Gamis Sumber: Instagram – nisacookie

Kalau kamu termasuk muslimah yang berpakaian islami, kamu bisa menggunakan model yang satu ini. Karena bentuk gamis ini tidak terlalu membentuk tubuh dan akan terasa nyaman ketika dikenakan.

Secara penampilan pun, jenis gamis ini juga sangat simple dan leluasa ketika dipakai. Hal ini disebabkan karena tidak seperti kebanyakan yang menggunakan kain batik atau songket yang membuatmu sulit berjalan, model gamis tidak akan membuatmu merasa kesulitan berjalan. Karena model gamis ini menggunakan bawahan jenis dress lebar, bukannya kain atau songket ketat yang membuat ruang gerakmu menjadi terbatas.

Untuk penggunaan jilbabnya, kamu juga tidak perlu merasa khawatir. Model kebaya muslim modern ini biasanya tidak akan memiliki hiasan yang berlebihan di bagian dada, sehingga kamu bisa menggunakan khimar yang menutupi dada. Pada akhirnya, kamu tetap bisa menyempurnakan pakaian islamimu dan tampil elegan dalam balutan pakaian gamis.

8. Model Mermaid

Model Kebaya Muslim Modern - Kebaya Mermaid Sumber: Instagram – ayugusri_

Model baju kebaya modern berjilbab selanjutnya adalah model mermaid atau bisa disebut juga model duyung. Model pakaian ini menjadi salah satu favorit kaum hawa karena modelnya yang anggun.

Potongannya yang indah menjadikan tubuh pemakainya akan terlihat indah karena membentuk tubuh. Model kebaya muslim modern yang satu ini akan mengekspos bagian pinggul hingga lututmu lalu akan mengembang pada bagian betis ke bawah. Karena potongannya yang membentuk tubuh, model kebaya muslim modern ini tidak cocok dikenakan oleh kamu yang sudah mantap berpakaian islami.

Untuk jilbabnya, cobalah untuk mengenakan jilbab yang simple agar tidak terlalu menarik perhatian. Karena bentuk dari kebaya muslim modern yang kamu kenakan ini sudah cukup untuk menjadi penarik perhatian.

Baca juga: 15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Mudah Kamu Lakukan Sendiri di Rumah

Tampil Modis dan Kece dalam Balutan Kebaya Muslimah

Ada banyak cara supaya bisa tampil modis dan keren dengan model kebaya muslim modern. Bahkan ada berbagai macam pilihan yang bisa kamu kenakan tergantung dengan acara yang kamu datangi. Baik itu acara formal seperti wisuda atau pesta pernikahan, bahkan acara pertemuan keluarga ataupun hari raya.

Selama kamu bisa memperhatikan cara memilih model kebaya muslim modern yang tepat, tidak ada lagi yang perlu kamu khawatirkan. Karena model dan warna yang tepat akan membantumu terlihat lebih anggun dan modis.

Create by ipadguides in category of> Our Daughter