Skip to content

Isu Aturan Baru MGS, 28 Ribu Ton Minyak Goreng Curah Mulai Mengalir

Isu Aturan Baru MGS, 28 Ribu Ton Minyak Goreng Curah Mulai Mengalir

Memuat…

Sebanyak 28 ribu ton minyak goreng curah mulai didistribusikan secara bertahap setelah terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin). Foto/Dokumen

JAKARTA – Sebanyak 28 ribu ton minyak goreng curah berangsur-angsur mulai mengalir. Penyaluran ini dilakukan setelah diterbitkannya Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penyediaan Minyak Goreng Curah Untuk Kebutuhan Masyarakat, Usaha Mikro, dan Usaha Kecil Dalam Rangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana. Perkebunan kelapa sawit (BPDPKS).

“Perusahaan industri sudah siap dan sudah mendistribusikan. Pengiriman dan distribusinya cukup banyak,” kata Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian ( Kementerian Perindustrian ), Putu Juli Ardika saat dihubungi, Rabu (30/3/2022).

Lihat Lainnya: Balada Minyak Goreng Curah: Sempat Dilarang, Sekarang Malah Dihidupkan Kembali

Ia menyebutkan, sejauh ini sudah terdistribusi sekitar 28 ribu ton. Dia berharap pasokan ini akan terus meningkat dalam beberapa hari ke depan.

“Jadi, sebelum tanggal 4 (April 2022), sebagian besar kebutuhan masyarakat akan minyak goreng curah sudah terpenuhi,” kata Putu Juli.

Anggota Komisi VI DPR, Mukhtarudin, menyatakan peraturan baru tentang minyak goreng sawit curah (MGS) merupakan upaya Kementerian Perindustrian untuk mengurai benang kusut tata kelola dan tata niaga minyak goreng. Menurutnya, kebijakan ini menunjukkan kehadiran negara dalam merespon permasalahan yang dialami masyarakat.

“Pemerintah menyadari sektor hulu harus diberi ruang untuk ikut serta menyelesaikan masalah minyak goreng ini. Untuk itulah Kementerian Perindustrian terlibat,” kata Mukhtarudin.

Pemerintah merombak kebijakan terkait minyak goreng sawit curah (MGS). Dari kebijakan berbasis perdagangan ke kebijakan berbasis industri.

Lihat Lainnya: Minyak Goreng Curah Mahal dan Langka, Kemenperin: Masih Dalam Perjalanan

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”