Skip to content

Jadwal baru tanggal 7 April…

AMBON, KOMPAS.com – Pemkot Ambon kembali menunda pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

Penundaan Pilkades serentak di sejumlah desa dan kelurahan dilakukan karena ada beberapa persoalan teknis yang belum terselesaikan.

Baca juga: Ditabrak Sepeda Motor Usai Mengatur Lalu Lintas, Seorang Anggota TNI di Ambon Tewas

Pilkades serentak di Kota Ambon seharusnya digelar pada Senin (28/3/2022).

“Pilkada serentak ditunda. Hal ini terkait dengan beberapa permasalahan dalam tahapannya,” kata Kepala Tata Usaha Setda Kota Ambon Ema Waliulu dalam keterangan tertulis yang diterima. Ipadguides.comSelasa (29/3/2022) malam.

Menurut Ema, Pilkades serentak di Kota Ambon dijadwalkan 7 April 2022.

“Kita punya Jadwal baru 7 April Pilkades serentak di Ambon digelar. Dan tidak akan mengalami keterlambatan lagi,” katanya.

Disinggung tentang kesiapan Pilkades serentak, Ema mengaku semua desa dan negara yang akan melaksanakan Pilkades sudah siap.

“Semuanya sudah siap. Sekarang tahapannya sudah sampai pada pendaftaran calon,” katanya.

Diakuinya, ada dua desa yang sebelumnya direncanakan mengikuti Pilkades serentak dengan sistem tersebut pemungutan suara elektronik. Namun, niat itu batal.

“Semua desa secara manual,” jelasnya.

Menurutnya, pilkades serentak bisa digelar bulan depan. Sehingga harapan masyarakat untuk dapat memiliki kepala desa yang definitif dapat terwujud.

Baca Juga: Tumpukan Sampah di Ambon Tak Bisa Diangkut Berhari-hari, Warga: Apa Petugas Kebersihan?

“Jika sistem pemungutan suara elektronik lama banget. Intinya semua desa bisa memiliki kepala desa,” jelasnya.

Pilkades serentak di Kota Ambon akan diikuti sembilan desa yakni Desa Galala, Wayame, Poka, Hunuth, Nania, Waiheru, Latta, Negeri Lama, dan Negeri Hative Kecil.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.