Jakarta Gelar Sherpa Meeting U20, Gubernur Anies Minta Hasil Diskusi Dipresentasikan ke Publik

KOMPAS.com – Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI) Anies Baswedan mengingatkan seluruh delegasi Urban 20 (U20) Sherpa Meeting agar agenda yang dibahas dalam forum tersebut tidak menjadi sesuatu yang eksklusif.

“Diskusi boleh saja dilakukan di ruangan ini, namun hasil diskusi dan pesan harus tersampaikan kepada publik dan gaungnya mampu mengajak publik untuk berbicara bersama,” ujarnya. ppid.jakarta.go.idRabu (30/3/2022).

Hal itu dikatakannya saat membuka Sherpa Meeting U20 sebagai rangkaian acara menjelang Mayors Summit U20 2022 yang digelar secara hybrid di Hotel Pullman, Jakarta Pusat pada Rabu (23/3/2022) hingga Kamis (24/3). /2022).

Pertemuan tersebut mempertemukan seluruh Sherpa (perwakilan atau delegasi) dari para kepala pemerintahan kota-kota anggota U20. Selain itu, perwakilan kota pengamat dan mitra juga diundang.

Semua perwakilan membahas Komunike U20 atau Pesan Bersama dari U20 sebagai salah satu grup pertunangan G20.

Pesan Gabungan tersebut akan dibawa ke U20 Mayors Summit yang akan digelar pada Agustus mendatang, sebelum diserahkan secara resmi kepada Presidensi G20 Indonesia.

Baca

juga: Gubernur Anies Ingatkan Staf Siapkan Infrastruktur Agar Jakarta Berdaya Saing Global

Anies mengatakan pertemuan itu bukan hanya tentang keberhasilan atau program yang dilakukan oleh pemerintah kota.

Lebih dari itu, hasil diskusi menceritakan pengalaman suatu kota atau daerah, sehingga dapat menjadi prioritas untuk dibahas di tingkat global.

Apalagi, lanjut Anies, seluruh dunia telah mengalami pandemi Covid-19 selama lebih dari dua tahun yang membuat negara-negara memiliki banyak pengalaman untuk menjadi topik pembicaraan di tingkat global.

“Kami bersyukur, ini menjadi kesempatan bagi Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) untuk mewakili Indonesia dalam menyampaikan hal-hal yang bisa menjadi prioritas global,” imbuhnya.

.