Skip to content

Jangan Biarkan Dana Desa Kembali ke Kota, apalagi ke Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepala desa agar dana desa dibelanjakan di desa atau kelurahan setempat. Presiden menegaskan, dana desa tidak boleh mengalir kembali ke kota, apalagi ke Jakarta.

“Saya katakan bolak-balik, kalau membangun secara fisik atau non fisik, gunakan bahan dari desa itu, dari semua desa ayah dan ibumu. Yang terjauh dari kecamatan,” kata Jokowi saat memberikan sambutan di Apdesi. Temu Nasional (Perhimpunan Seluruh Pemerintah Desa) Indonesia) 2022 yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Dana Desa Capai Rp 468 Triliun, Jokowi: Hati-hati Jangan Dikira Uang Kecil

“Kalau mau beli semen di desa, beli di desa. Kalau mau beli batu bata di desa, beli di desa kita sendiri. Untuk apa uang terus beredar di desa kita. Paling jauh. ada di kecamatan kita. Jangan sampai uang kembali ke kota apalagi kembali ke Jakarta,” kata Presiden.

Presiden meminta kepala desa berhati-hati dengan situasi ini. Karena jika tidak diwaspadai, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berkelanjutan juga akan kembali ke pusat.

“Coba-coba begini, yang penting beli semuanya dari desa kita. Apa saja. Kalau mau beli telur misalnya, untuk tambahan gizi anak tidak harus ke kota,” kata Jokowi.

“Cari mungkin terpaut harga, terpaut tapi tetap beli di kampung kita karena nanti uangnya terus berputar di sana,” lanjut Jokowi.

Jokowi menegaskan, tidak ada pihak yang meragukan manfaat dana desa. Dia mengatakan dana desa berguna untuk membangun jalan desa, bendungan desa, irigasi, jembatan dan pasar.

“Kemudian terkait kualitas hidup banyak pembangunan air bersih, posyandu, polindes, drainase, sumur, PAUD, MCK (mandi, cuci, kakus). Ini juga dari dana desa dan akan meningkatkan kualitas hidup SDM (sumber daya manusia) dari masyarakat di pedesaan,” tambah Jokowi.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.