Skip to content

Jelang Puasa, Pemkot Tangerang Temukan Bahan Makanan Berbahaya di Pasar Anyar

TANGERANG, IGNews.id – Sebanyak 230 bahan makanan diambil sampelnya untuk memastikan keamanannya oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menjelang bulan Ramadhan. Operasi uji sampel ini digelar di Pasar Anyar, Kota Tangerang pada Rabu (29/3/2022).

Kepala Badan Ketersediaan Distribusi dan Kerawanan Pangan Abduh Surahman menjelaskan, sampel yang diuji adalah ikan, ayam, cincau hitam, dan sayuran.

“Jadi total 230 sampel, 10 dinyatakan positif (mengandung bahan berbahaya), artinya 95,6 persen bersih,” katanya dalam keterangan yang diterima, Kamis (31/3/2022).

Beberapa contoh yang ia uraikan terkait makanan yang mengandung zat berbahaya, yakni dari 73 sampel ayam, ditemukan 1 positif (formalin).

Sama halnya dengan ikan, diakui Abduh dari 66 sampel, 1 di antaranya positif (formalin). Sedangkan untuk pangan pertanian, 4 produk kemangi dinyatakan positif residu pestisida.

“Di lapangan juga ditemukan label kemasan yang sudah kadaluarsa sebanyak 2 sampel pada kemasan sambal,” ujarnya.

Dari penemuan ini, Abduh mengatakan, para pedagang yang dagangannya positif langsung ditindak tegas.

“Kami akan panggil pedagang yang menjualnya. Yang kemudian membuat pernyataan untuk tidak mengulangi. Rata-rata mereka pedagang baru,” katanya.

Abduh juga mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam membeli produk.

“Masyarakat harus berhati-hati dalam membeli produk. Pestisida untuk sayuran harus dicuci bersih (menggunakan air mengalir),” jelasnya.

Redaktur : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”