Skip to content

Jembatan Ngaglik 1 Lamongan Diduga Ambles Karena Truk ODOL Sering Melewatinya

LAMONGAN, KOMPAS.com – Jembatan Ngaglik 1 di Jalan Kejaksaan Agung Suprapto, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur jebol dan ambles, diduga karena sering dilalui kendaraan yang kelebihan muatan atau Over Dimension Over Load (ODOL).

PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur Wilayah 4 Satker Pelaksana Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-Bali I Ketut Payun Astapa mengungkapkan, panjang jembatan yang ambruk itu sekitar 25 meter, sedangkan lebarnya 8,75 meter.

“Jadi (samping) kanan kiri untuk sementara bisa dilalui kendaraan ringan atau pribadi,” kata Payun di sela-sela peninjauan lokasi, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Jembatan Ngaglik 1 Lamongan Rusak dan Ambles, Polisi: Tidak Ada Korban jiwa

Payun menuturkan, jembatan tersebut diduga jebol dan ambruk akibat berulang kali dilalui kendaraan berat.

Berdasarkan keterangan saksi di lokasi, ada dua sepeda motor, satu mobil pikap, dan satu truk trailer saat jembatan ambruk dan ambruk.

Truk gandengan yang melintas, kata dia, terjepit saat jembatan ambruk, meski akhirnya meloloskan diri.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Perawatan selalu dilakukan. Tapi sebelumnya ada kendaraan berat yang lewat, menurut saksi yang melihat saat jatuh (pecah lalu roboh),” kata Payun.

Dikatakan akan segera memperbaiki bagian yang rusak.

“Jembatan yang ambruk ini yang lama, sedangkan yang kanan kirinya baru, pelebaran. Sedangkan jembatan yang ambruk akan kita bongkar dan perbaiki,” kata Payun.

Baca juga: Jembatan Gantung Pengganti Gladak Perak Lumajang Ditargetkan Selesai Sebelum Lebaran

.