Jokowi Tekankan 5 Hal Ini Agar Mampu Beradaptasi dengan Perubahan Iklim

JAKARTA, IGNews.id – Presiden Joko Widodo menekankan 5 hal agar masyarakat dan semua pihak dapat beradaptasi dengan perubahan iklim. Pertama, Jokowi meminta masyarakat menyikapi secara serius informasi cuaca dan perubahan iklim yang diberikan oleh BMKG dan instansi terkait lainnya.

“Kemudian merumuskan kebijakan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim secara cepat dan menyiapkan penanganan yang lebih baik untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim,” kata Jokowi di Puncak Hari Meteorologi Sedunia ke-72 tahun 2022, Rabu (30/3/2022).

Kedua, Jokowi meminta aparatur pemerintah mengembangkan sistem peringatan dini yang andal di seluruh wilayah dengan menyediakan data dan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika secara cepat dan akurat.

“Yang benar-benar dibutuhkan adalah mengembangkan mitigasi yang andal dan terukur, memanfaatkan kecerdasan buatan, big data dan metode asimilasi in situ, teknologi komputasi kinerja tinggi dan inovasi teknologi rekayasa sosial dan cara-cara kreatif. Membangun kesadaran untuk membangun ketahanan dalam membangun partisipasi masyarakat ,” kata Jokowi.

Kemudian ketiga, Jokowi meminta untuk menumbuhkan sistem pendidikan kebencanaan yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan agar masyarakat mampu merespon dengan cepat terhadap potensi risiko bencana.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel:

class="share-social text-center">

Membagikan

Membagikan


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”