Skip to content

Jual Kembali Harga Mahal, Solar Hoarder di Kembangan Raih Omzet Rp 92 Juta Per Hari

JAKARTA, KOMPAS.com – Kodim 0503 Jakarta Barat membongkar lokasi penimbunan solar di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (30/3/2022).

Komandan Kodim 0503 Jakarta Barat, Letkol Kav. I Made Maha Yudhiksa mengatakan, solar yang dibeli dari SPBU di Jakarta Barat itu disimpan di mobil tangki di lokasi penimbunan.

Berdasarkan informasi pelaku, solar tersebut rencananya akan dijual kembali untuk proyek konstruksi yang menggunakan alat berat.

“Katanya ada yang pesan dari proyek yang pakai alat berat. Tapi mereka tidak tahu secara spesifik di mana. Pokoknya di wilayah Jakarta,” kata Yudhiksa, Rabu.

Baca Juga: Penimbunan Tenaga Surya di Kembangan Digerebek, Bos Penimbun dan 5 Kendaraan Disita

Dia mengatakan, para pelaku menjual solar dengan harga lebih tinggi.

“Mereka bisa menjualnya seharga Rp 9.000 per liter ke pihak proyek,” kata Yudhiksa.

Dalam sehari, solar hoarder bisa menjual 12 ton solar. Dari penjualan ini, para pelaku bisa mendapatkan omzet hingga Rp. 92 juta per hari.

“Mereka bisa mendapatkan hingga Rp 92 juta dalam satu hingga dua hari. Mereka sudah beroperasi selama tiga minggu, jadi bayangkan berapa keuntungan yang mereka dapatkan,” pungkas Yudhiksa.

Ia juga menjelaskan, penimbunan solar itu berhasil diungkap berdasarkan laporan dari petugas di daerah setempat.

Baca juga: Solar Hoarding di Kembangan Tersembunyi di Balik Tumpahan Sampah

“Awalnya petugas mendapat informasi terkait indikasi, setelah itu dipantau selama dua hari. Hasilnya terbukti ada penimbunan solar,” kata Yudhiksa.

.